Jangan Sampai Keliru! 5 Hal Ini Gak Boleh Dilakuin Saat Atasi Demam Pada Anak

Jangan Sampai Keliru! 5 Hal Ini Gak Boleh Dilakuin Saat Atasi Demam Pada Anak

Banyak orang tentu tidak tega melihat anak demam yang membuat mereka tidak nyaman. Oleh karena itu, seringkali orang tua melakukan berbagai upaya untuk menurunkan suhu badan anaknya. Tapi tanpa disadari, tindakan yang dilakukan salah dan malah memberikan dampak terhadap sang anak. Maka dari itu, orang tua perlu tahu hal apa yang sebaiknya tidak dilakukan saat mengatasi demam pada anak. 

Mandi Air Dingin

Beberapa orang tua mungkin berpikir ide bagus memandikan anak dengan air dingin saat demam untuk menurunkan suhu tubuhnya. Padahal faktanya, para dokter tidak merekomendasikan cara ini. Justru memandikan anak dengan air dingin bisa meningkatkan suhu inti tubuh. Akibatnya, kulit akan kedinginan dan membuatnya menggigil.

Pakai Baju Tebal dan Berlapis

Ilustrasi Anak Demam (Solopos)

Banyak orang tua yang memakaikan anaknya baju tebal saat demam dengan maksud untuk tidak membuat mereka kedinginan. Padahal hal ini seharusnya dihindari. Sebab, memakai baju tebal saat suhu anak tinggi akan membuat mereka semakin tidak nyaman dan terasa panas. Ini juga akan mengganggu suhu tubuh dan membuat demam semakin parah. Sebagai gantinya, pakaikan anak baju berbahan katun tipis yang longgar dan tidak ketat.

Kurang Minum Air Putih

Demam juga meningkatkan laju pernapasan pada seseorang. Hal ini bisa membuat tubuh kehilangan air dan keringat akan meningkat untuk menurunkan suhu tubuh. Oleh karena itu, jangan sampai anak kurang asupan air putih ketika demam. Hal tersebut justru dapat memperparah gejala dan meningkatkan risiko dehidrasi pada anak.

Sering Pakai Kipas Angin



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"