Jangan Panik Dulu! Ini 5 Pertolongan Pertama Untuk Penderita Alergi

Jangan Panik Dulu! Ini 5 Pertolongan Pertama Untuk Penderita Alergi

Alergi  merupakan suatu kondisi tubuh yang bereaksi secara berlebihan dan dapat berbahaya saat berkontak dengan bahan tertentu atau yang disebut alergen. Alergi bisa disebabkan oleh bahan yang dimakan, dihirup, maupun disentuh kulit seperti debu, serbuk sari atau makanan tertentu. Reaksi yang ditimbulkan alergi biasanya tergantung pada alergi dan kondisi kesehatan seseorang.

Bisa saja alergi yang muncul menyebabkan gatal-gatal, ruam, dan iritasi kulit saja. Tapi selain penderita alergi yang mungkin hanya menunjukkan gejala ringan, tapi ada pula orang-orang yang mengalami reaksi parah sehingga memerlukan pertolongan pertama . Lantas apa saja pertolongan pertama untuk penderita alergi?? Berikut penjelasannya.

1.    Tetap tenang

Salah satu langkah penting yang harus dilakukan adalah mencoba untuk tetap tenang atau menenangkan orang yang menderita alergi tersebut. Pasalnya, kecemasan yang berlebihan juga bisa memperparah kondisi alergi seseorang.

2.    Mengenali Pemicu Alergi

Foto; Alergi (Halodoc)

Segera mencari tahu apa yang menjadi penyebab alergi kamu. Ini bisa menjadi pertolongan pertama yang juga sangat penting karena kamu tidak bisa menghindari pemicu alergi jika tidak mengenali sumbernya. Misalnya alergi makanan tertentu, kamu bisa menghentikan konsumsi makanan tersebut da memperhatikan efeknya.

3.    Usahakan Tidak Menggaruknya

Gatal menjadi salah satu gejala yang muncul akibat alergi. Untuk para penderita alergi, usahakan untuk tidak menggaruk area tubuh yang gatal. Hal ini juga bisa membuat alergi semakin bertambah buruk bahkan sampai menyebabkan risiko terjadinya infeksi kulit.

4.    Kompres es



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"