Jangan Panik Dulu! Coba Deh 9 Cara Cegah Rambut Rontok Berikut Ini demi Menghindari Kebotakan

Jangan Panik Dulu! Coba Deh 9 Cara Cegah Rambut Rontok Berikut Ini demi Menghindari Kebotakan

Tahukah kamu, bahwa setiap helai rambut di kepala memiliki umur antara dua sampai lima tahun? Folikel rambut memiliki siklus pertumbuhan aktif, transisi, dan istirahat. Ada keadaan dan faktor gaya hidup yang dapat membawa lebih banyak rambutmu ke dalam siklus istirahat, atau rontok. Kondisi ini disebut telogen effluvium.

Telogen effluvium dapat menjadi gejala bahwa kamu stres. Kondisi ini bisa juga terjadi setelah kehamilan, sebagai efek samping dari pengobatan, atau sebagai akibat dari kondisi kesehatan yang mendasarinya. Jika kamu mengalami kerontokan rambut yang mengarah ke bintik-bintik botak, tambal sulam, atau gumpalan besar rambut yang keluar, kamu harus menemui dokter perawatan primer atau dokter kulit untuk diagnosis.

Entah kerontokan rambut yang kamu alami merupakan akibat dari kondisi kesehatan kronis atau jangka pendek, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk melindungi rambutmu dari kerontokan. Antara lain:

1. Gunakan sampo yang ringan dan cocok untuk rambut 

Bahan-bahan sampo herbal (bp.guide.id)

Tujuan dari sampo adalah untuk membersihkan rambut dari kotoran dan minyak berlebih. Tetapi banyak sampo komersial mengandung bahan-bahan yang keras. Setelah hanya satu kali penggunaan, mereka dapat mengupas rambutmu dari minyak alami dan asam lemak yang membuatnya kuat dan kenyal. Baca bahan-bahan sampomu dan beli yang sedekat mungkin dengan yang alami. 

2. Hindari gaya rambut yang menarik rambut

Rambut itu fleksibel, tetapi penelitian menunjukkan bahwa rambutmu hanya bisa diregangkan begitu banyak sebelum menjadi rusak secara permanen. Gaya rambut seperti cornrows, kepang ketat, dan kuncir kuda dapat menarik rambutmu menjauh dari kulit kepala dan melonggarkan ikatan antara rambut dan kulit kepala seiring waktu.

3. Jangan merawat atau memutihkan rambut secara kimiawi

Bahan kimia perawatan rambut menyebabkan kerusakan folikel rambut yang tiba-tiba dan tidak dapat dibatalkan. Jika kamu khawatir tentang kerontokan rambut, batasi penggunaan pewarna, highlight, perawatan peroksida, dan perm.

4. Hindari alat penata rambut panas tinggi



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"