Jangan Keliru, Ini Pilihan Obat Mencret untuk Anak yang Tepat

Jangan Keliru, Ini Pilihan Obat Mencret untuk Anak yang Tepat

Ngalamin diare atau mencret itu nggak enak. Selain rasanya nggak nyaman, kita jadi nggak bebas dalam beraktivitas karena harus bolak-balik ke toilet. 

Penanganan diare atau mencret untuk anak kecil dan orang dewasa juga berbeda-beda. Biar nggak keliru, yuk ketahui pilihan obat mencret untuk anak.

diare (alodokter.com)

1. Antidiare

Obat diare kayak loperamide dan kaolin-pektin bisa ngurangin frekuensi buang air besar. Sistem kerjanya adalah dengan memperlambat kerja otot usus. Tetapi, obat ini nggak recommended buat anak-anak. Soalnya, ada risiko menyebabkan efek samping.

2. Probiotik

Obat diare ini punya kandungan bakteri yang bisa bantu nyembuhin diare. Pemberian probiotik dibarengi dengan cairan dehidrasi oral juga bisa mengobati diare pada anak yang diakibatkan penggunaan antibiotik yang nggak tepat.

Tapi, masih diperlukan penelitian lanjut soal probiotik sebagai obat diare anak.

3. Paracetamol / ibuprofen

Obat ini cuma diberikan pada anak kalo diare yang dialami juga diikuti dengan demam dan sakit kepala. Dengan minum obat ini, rasa sakit dan demam bisa menghilang.

4. Larutan rehidradi oral

Obat ini punya fungsi mencegah dan mengatasi diare. Fungsinya sebenernya nggak menghentikan diare, tapi lebih mengganti cairan tubuh dan elektrolit. Dengan minum ini, anak bisa terhindar dari dehidrasi akibat mencret atau diare.

Sebenernya, saat anak kena diare, bukan berarti kalian harus langsung kasih obat di atas. Lebih baik ikuti pengobatan untuk petolongan pertama berikut ini.

obat diare atau mencret (liputan6.com)

1. Tetap kasih makan dan minum

Saat diare, anak tetep butuh makan. Jadi kalian kudu tetep memberikan asupan nutrisi.

Jangan sampai kekurangan cairan juga. Air akan mengganti cairan yang keluar karena diare atau mencret.

Berikanlah asupan air putih yang cukup seperti biasanya. Jangan malah dikurangin.

2. Minum larutan gula dan garam

Coba deh buatin minuman air garam. Caranya, larutkan segelas air dengan 1 sendok gula dan sepucuk sendok garam. Larutan ini bisa diminum setiap anak buang air besar.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"