Jangan Dianggap Remeh, Ini 3 Trauma yang Sering Dialami Manusia

Jangan Dianggap Remeh, Ini 3 Trauma yang Sering Dialami Manusia

Tidak bisa dipungkiri, semua orang pasti pernah mengalami trauma, baik itu trauma berat ataupun trauma ringan. Tapi yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kita menghadapi atau meregulasi trauma tersebut. Selain itu, karena ada berbagai macam jenis trauma, sebaiknya kamu mengenali terlebih dahulu jenis trauma yang kamu alami supaya bisa mendapat perawatan yang tepat. Beberapa trauma yang sering dialami manusia, diantaranya adalah:

1. Big T Trauma

https://www.pexels.com/

Trauma yang muncul akibat suatu insiden tunggal yang tidak terduga dan muncul tiba-tiba disebut dengan Big T trauma. Tanda yang ditunjukkan dari seseorang yang mengalami trauma ini adalah PTSD (Post Traumatic Stress Disorder), seperti mimpi buruk atau kilas balik, muncul pikiran yang mengganggu, dan kerap merasakan perasaan negatif. Beberapa hal yang bisa menyebabkan Big T trauma adalah pelecehan seksual, penyerangan, aksi terorisme, perampokan, penculikan, kecelakaan, dan sebagainya.

2. Small T Trauma

Small T trauma juga sering disebut dengan trauma ringan. Trauma ini muncul akibat peristiwa atau pengalaman pribadi, seperti stres, masalah keuangan, masalah akademis, perceraian, kehilangan pekerjaan, kehilangan anggota keluarga, atau berbagai peristiwa lainnya yang bersifat personal. Meski terbilang ringan, trauma ini tetap harus diberi perawatan lebih lanjut agar segera pulih.

3. Complex Trauma



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"