Jangan Asal Minum Obat! Begini Lho Cara Mengatasi GERD Pada Ibu Hamil

Jangan Asal Minum Obat! Begini Lho Cara Mengatasi GERD Pada Ibu Hamil

Cara mengatasi GERD pada ibu hamil adalah informasi penting yang harus dipahami bahkan sebelum mulai merencanakan momongan. Mengingat saat hamil perubahan hormon dapat membuat otot-otot di kerongkongan menjadi lebih rileks dan  mengakibatkan asam lambung naik ke kerongkongan. Kondisi ini jelas membuat tidak nyaman, sehingga menimbulkan frustasi pada calon ibu.

Bagi yang belum tahu, GERD merupakan kondisi ketika asam lambung naik ke kerongkongan atau esofagus yang menyebabkan gejala-gejala seperti heartburn, perut kembung, sering bersendawa, lidah terasa asam atau pahit, dan tenggorokkan terasa kering.

Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal, diantaranya seperti Ibu hamil bisa mengalami GERD karena disebabkan oleh beberapa faktor, yakni pengaruh perbuahan hormon, sistem pencernaan yang bergerak lambat, dan adanya tekanan pada lambung karena rahim yang membesar.

Karena ibu hamil tidak boleh sembarangan dalam mengonsumsi obat dan harus sesuai dengan anjuran dokter. Mengutip Hellosehat, berikut ini beberapa cara mengatasi GERD pada ibu hamil. Apa saja?

1. Mengonsumsi Minuman yang Memberi Rasa Hangat

1. Mengonsumsi Minuman yang Memberi Rasa Hangat Cara Mengatasi GERD Pada Ibu Hamil (via Okezone)

Langkah pertama yang bisa dilakukan saat mengalami GERD adalah dengan mengonsumsi minuman yang bisa memberi rasa hangat, misalnya air jahe. Minuman tersebut berguna untuk meringankan gejala asam lambung.

Selain itu, jahe juga bisa menghilangkan rasa mual dan ingin muntah yang biasanya dirasakan sebagian besar ibu hamil. Usahakan meminumnya selagi hangat untuk membuat area pencernaan lebih nyaman.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"