Ini Lho Beberapa Manfaat dari Melamun Menurut Penelitian

Ini Lho Beberapa Manfaat dari Melamun Menurut Penelitian

Ternyata melamun tidak melulu adalah aktivitas yang sia-sia loh. Aktivitas melamun ini ada manfaatnya juga buat kamu. Gak tanggung-tanggung, manfaat baiknya untuk kesehatan dan kekuatan mental. Wah, luar biasa nih. Kegiatan yang sederhana dengan segudang manfaat.

Simak manfaat melamun berikut ini ya, biar aktifitas melamunmu bermanfaat.

1. Mampu menghasilkan ide-ide baru

Melamunlah untuk mendapatkan ide baru (psychologenie.com)

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di University of California di Santa Barbara, para siswa yang diberi kesempatan untuk melamun, lebih baik dalam menghasilkan ide-ide yang gak biasa. Hal ini karena saat melamun, pikiran bawah sadar kita dapat memikirkan solusi kreatif untuk setiap masalah yang perlu dihadapi.

Kalau pikiran kamu lagi buntu dan butuh ide yang gak biasa, cobalah tenangkan pikiran dan mulai melamun.

2. Meningkatkan kreativitas

Studi lain dari UCSB menunjukkan bahwa orang-orang yang terbiasa melamun umumnya lebih terampil menghasilkan ide-ide baru yang kreatif. Sebelum memecahkan suatu masalah, orang-orang yang suka melamun mampu menemukan ide yang lebih kreatif. Hal ini karena pikiran mereka menjadi lebih tenang untuk memecahkan masalah. Jadi ide mengalir dengan mudah.

3. Meningkatkan daya ingat

Melamun membuatmu semakin pintar (foreverfitscience.com)

Menurut penelitian dari University of Wisconsin, Milwaukee dan Max Planck Institute for Human Cognitive and Brain Science, otak orang yang memiliki kecenderungan melamun dan membiarkan pikiran mereka berkelana menjadi lebih aktif dan kemampuan mengingat informasi yang lebih tinggi.

Hasil studi tersebut juga menyebutkan bahwa peserta yang juga melamun selama mengerjakan tugas, cenderung dapat mengingat informasi lebih baik. Juga ketika dalam keadaan terganggu, mereka menunjukkan tingkat memori kerja yang lebih tinggi.

Ternyata melamun bisa membuat kamu lebih pintar gengs.

4. Menurunkan tekanan darah

Orang yang mengalami kecemasan dan stres kemudian menghabiskan waktu untuk melamun, tekanan darahnya bisa turun. Para peneliti dari Anti-Stress Center telah menemukan bahwa melamun termasuk bentuk dari hipnosis, dan dapat menurunkan tingkat stres serta tekanan darah.

Seseorang cenderung menjadi lebih tenang setelah melakukan aktivitas melamun ini.

5. Terbukti dapat menyelesaikan masalah

Melamun untuk memecahkan masalah (debutart.com)

Orang-orang dengan kesulitan memecahkan masalah yang rumit perlu membiarkan pikiran mereka berkelana. Melamun ini berguna untuk menemukan solusi.

Penelitian dari University of British Columbia menunjukkan bahwa, melamun benar-benar dapat menyelesaikan masalah. Dibuktikan dengan pemindaian fMRI, ternyata aktivitas di area-area penyelesaian masalah otak yang kompleks sangat aktif selama periode lamunan.

Benar-benar punya banyak manfaat ya melamun ini.

6. Meningkatkan IQ

Aktivitas melamun termasuk kegiatan untuk mengistirahatkan otak dan meningkatkan kemampuan IQ. Kok bisa ya? Ternyata saat melamun dan berimajinasi tentang hal-hal yang kreatif, dapat meningkatkan kecerdasan dan kemampuan komunikasi. 

Tapi melamunnya yang baik dan postif ya gengs. Melamunkan hal-hal yang negatif sama sekali tidak bermanfaat untuk diri sendiri.

Gak nyangka kan ya melamun malah bermanfaat. Bisa diprakttekkan asal tidak berlebihan dan tidak mengganggu aktivitas harian kamu ya.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"