Ini Dia 5 Hal Penting yang Wajib Dilakukan Sebelum Pakai Softlens

Ini Dia 5 Hal Penting yang Wajib Dilakukan Sebelum Pakai Softlens

Softlens atau lensa kontak biasanya dipakai oleh sebagian orang yang memang memiliki masalah pada penglihatan seperti mata minus. Namun, banyak juga orang yang ingin menggunakan softlens hanya untuk menunjang penampilan mereka.

Namun sebelum kamu menggunakan softlens, ada baiknya kamu juga menerapkan beberapa hal penting berikut ini.

1. Menjaga kebersihan

Kebersihan tentu menjadi aspek utama ketika kamu memakai softlens. Sebelum memasang atau melepasnya, pastikan tanganmu selalu dalam kondisi bersih. Kamu bisa mencuci tangan terleih dahulu agar tidak ada bakteri yang nantinya masuk ke mata.

2. Jangan pakai softlens saat tidur

Penting juga untuk segera melepas softlens ketika hendak tidur. Sebab, mata juga membutuhkan oksigen yang cukup saat beristirahat sehingga tidak dianjurkan menggunakan softlens. Hal ini bisa membuat mata kamu menjadi kering atau bahkan iritasi. 

3. Jangan pakai terlalu lama

Ilustrasi pakai softlens (via freepik)

Memakai softlens juga tidak disarankan terlalu lama. Idealnya, jangan menggunakannya lebih dari 10 jam per hari. Apabila mata kamu sudah merasa tidak nyaman seperti kering, maka segeralah lepas softlens supaya mata kamu bisa beristirahat.

4. Bersihkan softlens secara rutin

Softlens juga punya masa kadaluarsanya sendiri. Ada yang sehari, dua minggu atau sebulan. Maka itu, pastikan kamu mengganti softlens secara rutin dan tidak lewat dari masa kadaluarsanya.

Selain itu, bersihkan softlens dengan cairan pembersih khusus setiap hari supaya kebersihannya bisa tetap terjaga.

5. Konsultasi dengan ahli mata

Bila kamu memutuskan ingin menggunakan softlens karena punya kendala tertentu, seperti mata minus atau silinder, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mata. Supaya kamu bisa tahu mana pilihan softlens yang tepat dan sesuai dengan kebutuhanmu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"