Ini Dia 4 Fakta Soal Microsleep, Bahaya Jika Sambil Mengemudi!

Ini Dia  4 Fakta Soal Microsleep, Bahaya Jika Sambil Mengemudi!

Tragedi kecelakaan yang menimpa pasangan artis Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah diduga terjadi lantaran supir yang mengantuk. Hal ini juga seringkali disebut dengan istilah microsleep, alias kondisi saat seseorang tertidur dalam beberapa detik.

Dikutip dari Healthline, berikut adalah penjelasan lengkap soal apa itu microsleep dan bagaimana cara mencegahnya. Yuk, simak!

# Apa itu microsleep 

Fakta-fakta seputar microsleep dan mengapa berbahaya jika terjadi saat berkendara (via idntimes.com)

Microsleep dikenal sebagai kondisi saat seseorang kehilangan kesadaran akibat rasa kantuk yang tak bisa ditahan. Kondisi ini membuat seseorang menjadi tertidur secara tiba-tiba dan hanya dalam hitungan detik saja.

Microsleep bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Entah itu saat melakukan aktivitas penting, seperti saat mengemudi atau bekerja yang bisa berakibat fatal.

# Penyebab Microsleep

Pemicu terjadinya microsleep tentunya dikarenakan kurang tidur. Nah, kurangnya kualitas tidur akan berdampak pada aktivitas sehari-hari.

Dari sisi ilmu pengetahuan, penyebab microsleep biasanya diakibatkan karena otak yang tak bisa bertahan di tengah perasaan lelah dan kondisi harus terjaga. Pada situasi ini, tak semua bagian otak tertidur. Sehingga masih bisa terjaga beberapa detik atau menit kemudian.

# Gejala microsleep dan kapan harus waspada  



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"