Ini 7 Penyebab Sakit Kepala yang Umum Dialami Banyak Orang, Jangan Anggap Sepele, Ya!

Ini 7 Penyebab Sakit Kepala yang Umum Dialami Banyak Orang, Jangan Anggap Sepele, Ya!

Sakit kepala terkadang sangat mengganggu aktivitas dan membuat seseorang sulit untuk berkonsentrasi. Penyebab sakit kepala bisa dari banyak faktor. Gaya hidup yang tidak sehat salah satunya.

Sakit kepala adalah salah satu kondisi yang kurang nyaman dan berbahaya jika dibiarkan karena bisa menjadi risiko gejala berbagai penyakit serius. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab sakit kepala yang kamu alami.

Sebenarnya, cukup banyak obat yang mampu meredakan sakit kepala yang dijual di pasaran. Namun, agar tidak menimbulkan efek samping yang memperburuk sakit kepala, sebaiknya periksakan diri ke dokter terdekat.

Dilansir dari NHS, Selasa (22/3/2022) ada beberapa penyebab umum sakit kepala yang perlu kamu ketahui, antara lain:

1. Pilek

Saat sedang pilek atau flu, biasanya sakit kepala menjadi suatu hal yang wajar dialami. Hal ini disebabkan oleh kondisi tubuh yang sedang kurang fit. Umumnya, jika pilek atau flu sudah reda, sakit kepala juga akan mulai hilang. Selain minum obat, kamu juga bisa istirahat sejenak dan makan sup hangat untuk mengembalikan kondisi tubuh.

 

2. Stres

Perlu kamu ketahui, stres juga bisa menjadi salah satu penyebab sakit kepala. Biasanya, stres berlebih sangat berisiko memicu sakit kepala tanpa kamu sadari. Hayo, jangan suka overthinking, ya!

7 Penyebab Sakit Kepala yang Umum Dialami Banyak Orang (KlikDokter)

3. Terlalu Banyak Konsumsi Alkohol

Penyebab sakit kepala selanjutnya adalah terlalu banyak mengonsumsi alkohol. Sebab, bila alkohol dikonsumsi dalam jumlah besar, bisa menghambat aliran darah dan sulit untuk berkonsentrasi.

4. Masalah Penglihatan

Tahukah kamu kalau masalah penglihatan bisa menjadi penyebab sakit kepala? Kalau kamu mengalami sakit kepala diikuti dengan gangguan pandangan, segeralah pergi ke dokter untuk mengecek kondisimu dan masalah penglihatan pun akan cepat teratasi.

5. Dehidrasi

Penyebab sakit kepala selanjutnya adalah dehidrasi atau kurang cairan. Tubuh membutuhkan cairan yang cukup untuk dapat menjaga fungsi otak berjalan dengan semestinya. Itu sebabnya, penting menjaga asupan cairan untuk menghindari sakit kepala serta kesehatan tubuh lainnya.

6. Mengonsumsi Obat Tertentu

Mengonsumsi obat tertentu juga dapat menjadi pemicu dan penyebab munculnya sakit kepala. Jika mengalami hal tersebut, kamu perlu segera berkonsultasi dengan dokter mengenai efek samping obat tersebut.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"