Hindari Begah Dengan Lakukan 3 Tips untuk Memperlancar Proses Pencernaan ini!

Hindari Begah Dengan Lakukan 3 Tips untuk Memperlancar Proses Pencernaan ini!

Salah satu kebutuhan pokok manusia adalah makan. Oleh karena itu proses pencernaan merupakan hal yang krusial, karena proses ini adalah awal mula nutrisi akan diserap oleh tubuh. Jika proses pencernaan berjalan dengan baik, maka akan lebih memudahkan aktivitas kamu. Sebaliknya, jika proses pencernaan tidak berfungsi baik, hal tersebut akan menyebabkan perut terasa begah dan menghambat aktivitasmu. Nah, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memperlancar proses pencernaanmu, antara lain:

1. Makan dengan porsi yang tepat

https://www.freepik.com/

Salah satu faktor yang sangat berpengaruh pada kinerja sistem pencernaan adalah porsi makanan yang dimakan. Sebaiknya hindari porsi makan yang berlebihan, karena hanya akan membuat organ pencernaan jadi kewalahan serta prosesnya akan memakan waktu yang lebih lama. Inilah yang membuat perut menjadi begah, karena rasa kenyang yang berlebihan. Maka memang benar pepatah yang mengatakan berhentilah makan sebelum kenyang.

2. Perbanyak konsumsi makanan yang kaya serat serta cairan.

Hal yang pasti memengaruhi lancar tidaknya proses pencernaan adalah makanan dan minuman yang dikonsumsi. Agar mempermudah proses pencernaan dan memperlancar buang air besar, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi. Selain itu, kamu juga harus memastikan konsumsi air harianmu.

3. Melakukan olahraga secara rutin



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"