Hati-Hati, Jangan Simpan kentang di Kulkas Karena Bisa Picu Kanker!

Hati-Hati, Jangan Simpan kentang di Kulkas Karena Bisa Picu Kanker!

Hampir setiap orang pastinya ingin menyimpan segala bahan makanan sebaik mungkin, salah satunya menyimpan di kulkas. Namun, banyak yang tidak tahu jika kentang tidak dianjurkan disimpan ke dalam kulkas. Menurut Foods Standards Agency (FDA) kentang yang disimpan di kulkas sangat buruk bagi kesehatan.

"Makanan paling penting yang tidak boleh disimpan di kulkas adalah kentang," ujar FDA, seperti yang dikutip dari The Kitchn (11/05/24).

FDA menjelaskan jika kentang disimpan di kulkas, karena pati yang terkandung di dalamnya, bisa berubah menjadi gula. Maka ketika dipanggang atau digoreng, gula tersebut akan tergabung dengan asam amino asparagin.

Ilustrasi kentang (via freepik)

Kondisi ini menghasilkan kimia akrilamida yang sangat berbahaya jika dimasak dalam suhu tinggi. Tentunya, kedua kandungan karbohidrat dan asam amino ini bisa menghasilkan zat plastik yang disebut akrilamida.

Menurut National Institutes of Health akrilamida telah dikaitkan dengan kanker. Namun, belum ada korelasinya dan rincian penjelasannya juga belum jelas.

"Sumber makanan utama akrilamida adalah kentang goreng dan keripik kentang. Atau bisa juga pada kerupuk, roti, kue, dan sereal," ujar FDA.

Menurut ahli kiropraktik, Dr. Erc Berg, sangat mustahil untuk menghindari setiap racun pada makanan karena sifatnya yang sangat kecil. Ia juga menyarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi brokoli dan kubis agar mengimbangi asparagin atau akrilamida yang sudah terlanjur di konsumsi.

Dr Eric juga memberi tips menyimpan kentang agar terhindari dari risiko tersebut. Caranya adalah dengan merendam kentang dalam air selama 30 menit sebelum digoreng.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"