Hati-Hati Dengan Efek Samping Pada Lipstik Pada Kesehatan, Wanita Wajib Waspada!

Hati-Hati Dengan Efek Samping Pada Lipstik Pada Kesehatan, Wanita Wajib Waspada!

Hampir semua wanita pastinya senang memakai makeup bibir seperti lipstik. Ya, lipstik memang membantu buat wanita terlihat menarik. Sebagus apa pun riasan wajahmu, kalo tanpa lipstik, rasanya masih saja kurang.

Namun, kamu juga mesti tahu nih, kalo ternyata penggunaan lipstik itu ada efek sampingnya yang juga berbahaya buat kesehatan, lho. Supaya kamu bisa lebih waspada, berikut adalah ulasan lengkap mengapa lipstik bisa berbahaya untuk kesehatan.

# Beresiko pada kesehatan jantung

Efek samping penggunaan lipstik yang berbahaya bagi kesehatan (mayapadahospital.com)

Sebagian besar, tubuh yang terserang oleh timbal (racun) disebabkan oleh makanan, udara atau air. Namun faktanya, timbal juga bisa masuk ke dalam tubuh melalui lipstik.

Resiko masuknya timbal dari lipstik ini memiliki potensi yang lebih besar ketimbang produk makeup lainnya. Sebab, seringkali lipstik masuk melalui bibir dan tak sengaja tertelan.

Nah, saat timbal masuk ke dalam tubuh, maka hal tersebut bisa beresiko membahayakan jantung. Entah itu hipertensi atau penyakit jantung koroner.

Perlu diketahui, bahwa timbal bukanlah berasal dari dalam produk lipstik yang kamu pakai. Melainkan berasal dari pigmen pewarna.

# Kerusakan ginjal

Timbal bukanlah satu-satunya zat yang harus dikhawatirkan dari lipstik. Kamu juga mesti waspada dengan zat lainnya seperti kadmium dan kromium. Sebab, kedua jenis logam berat ini bisa merusak organ ginjal kamu, lho.

Hal ini juga diterangkan oleh sebuah penelitian dalam Journal of Toxicology tahun 2011, bahwa kadmium bisa mengendap di ginjal sehingga memicu terjadinya gagal ginjal. Maka itu, wanita biasanya lebih rentan dengan kondisi ini karena sering menggunakan lipstik.

# Kanker paru-paru



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"