Harus Diwaspadai, Ini 8 Faktor Utama Penyebab Ubanan di Usia Muda

Harus Diwaspadai, Ini 8 Faktor Utama Penyebab Ubanan di Usia Muda

Seiring dengan bertambahnya usia, beberapa bagian tubuh kita akan mengalami penuaan. Seperti kulit, tulang, hingga rambut. 

Hal ini merupakan sesuatu yang wajar dan pasti terjadi pada semua orang, namun nggak sedikit yang mengalami penuaan dini. Salah satunya adalah muncul uban di usia yang masih muda.

Bisa aja sih uban ditutupi dengan pewarna rambut. Tapi, aman nggak ya? Lebih baik kenali dulu penyebab tumbuhnya uban sebelum menutupinya dengan cat rambut.

Sering terabaikan, ternyata ada delapan faktor utama penyebab beruban di usia yang muda. Kira-kira apa aja nih gengs? Let’s check this out!

1. Kekurangan vitamin B12

Tubuh membutuhkan berbagai macam vitamin. Nah, munculnya uban di usia yang muda bisa jadi karena kurangnya asupan vitamin B12. Karena vitamin B12 diperlukan sel darah merah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh, termasuk pada melanosit di folikel rambut. Jika kurang, maka akan memengaruhi pigmentasi dan menyebabkan rambut berubah warna menjadi putih.

2. Keturunan

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa penyebab munculnya uban di usia muda adalah faktor keturunan. So, jika orang tuamu sudah beruban di usia muda, besar kemungkinan kamu akan merasakan hal yang sama. Tentu, faktor keturunan ini tidak bisa diubah, ya. Sekalipun dengan kamu pindah KK. Hihihi

3. Adanya kondisi medis tertentu

Selanjutnya, ada beberapa kondisi medis yang dapat memicu timbulnya uban di usia muda. Contohnya seperti gangguan tiroid dan autoimun yang biasanya disebut alopecia areata.

Penyakit autoimun juga bisa menyebabkan rambut putih prematur. Ini adalah saat sistem kekebalan tubuh menyerang selnya sendiri. Pada kasus alopesia dan vitiligo, sistem imun dapat menyerang rambut dan menyebabkan hilangnya pigmen.

Ilustrasi Muncul Uban di Usia Muda (Klik Dokter)

4. Perubahan hormon

Adanya perubahan yang terjadi pada hormon juga bisa memengaruhi kesehatan rambut, misalnya tekstur berubah menjadi kasar atau warna yang mulai pudar hingga menimbulkan uban.

5. Stres berlebih

Selain dapat memicu timbulnya jerawat dan penyakit lainnya, stres berlebih juga menimbulkan uban di usia muda. Beberapa penelitian menunjukan bahwa sel-sel yang bertanggung jawab untuk mewarnai rambut dapat berkurang jika stres. Oleh karena itu, mulai saat ini atur perasaan stres kamu, ya! 

6. Kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok memang memengaruhi kesehatan tubuh, namun siapa sangka bahwa merokok juga menjadi salah satu faktor munculnya ubah di usia muda, loh. 

Hal ini terjadi karena radikal bebas yang ada di rokok dapat merusak sel-sel yang memproduksi melanin Sehingga, warna rambut berubah jadi putih.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"