Gimana Caranya Tahu Kalau Kita Kena Kanker Kulit? Gini Ciri-Cirinya Gengs

Gimana Caranya Tahu Kalau Kita Kena Kanker Kulit? Gini Ciri-Cirinya Gengs

Banyak kanker kulit dapat disembuhkan jika ditemukan lebih awal. Kanker kulit juga relatif bisa dideteksi sejak dini lebih mudah daripada jenis kanker yang lain.

Kanker kulit adalah pertumbuhan sel di luar kendali yang ditemukan di lapisan kulit paling atas, epidermis. Karena DNA yang rusak yang memicu mutasi, sel-sel berganda dengan cepat dan membentuk kanker kulit ganas.

Epidermis adalah lapisan utama kulit yang paling dangkal (dermis dan hypodermis yang terletak di bawah). Ini mencakup seluruh permukaan luar tubuh. Ini terdiri dari 30 - 50 lapisan sel dengan ketebalan bervariasi tergantung pada daerah tubuh.

Kulit sehat (weal.com.au)

Lapisan epidermis yang paling dalam disebut stratum basale. Mayoritas sel dalam lapisan ini adalah sel berbentuk kolumnar yang disebut sel basal. Sel-sel ini terus membelah dan bergerak ke atas menghasilkan sel-sel di atas, yaitu keratinosit.

Jenis kanker kulit

Karsinoma sel basal

Kanker kulit yang timbul dari pertumbuhan di luar kendali sel-sel basal ini disebut karsinoma sel basal. Ini adalah bentuk kanker kulit yang paling umum. Ini sering ditemukan pada permukaan tubuh yang terpapar sinar matahari seperti kepala dan leher.

Melanoma

Selain sel-sel basal aktif ini, sel-sel penghasil pigmen yang disebut melanosit juga ditemukan dalam lapisan basal. Pigmen yang diproduksi oleh sel-sel ini bertanggung jawab atas warna kulit.

Di luar kendali pertumbuhan sel-sel yang memproduksi pigmen ini menghasilkan pengembangan salah satu bentuk kanker kulit yang paling mematikan, melanoma ganas. Jenis kanker kulit ini jauh lebih berbahaya karena kemampuannya untuk menyebar ke bagian lain dari tubuh jika tidak dirawat pada tahap awal. Untungnya, itu lebih jarang daripada jenis kanker kulit lainnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"