Gigi Gingsul Manis Sih, Tapi Lebih Baik Dicabut atau Dirawat Ya?

Gigi Gingsul Manis Sih, Tapi Lebih Baik Dicabut atau Dirawat Ya?

Memiliki gigi gingsul mungkin membuat dilema. Ada yang berpendapat bahwa gigi gingsul membuat wajah tampak lebih manis. Namun, ada juga yang berpandangan bahwa gigi gingsul sebaiknya dicabut.

Pasalnya, gigi gingsul dianggap membuat senyum seseorang menjadi tidak bagus karena posisi gigi yang tidak rata dan mulut terlihat penuh. Lalu, apakah sebaiknya gigi gingsul dicabut? 

Gingsul (KlikDokter)

Gigi gingsul adalah sebutan bagi gigi taring yang tidak menempati posisi yang benar. Penyebab gigi gingsul adalah kurangnya ruang akibat lengkung rahang yang terlalu sempit. Pada kasus ini, gigi tidak bisa tumbuh di tempat yang seharusnya karena kondisi rahang yang kecil atau ukuran gigi terlalu besar, sehingga gigi itu tumbuh bergeser dari tempat yang seharusnya. 

Kondisi ini bisa terjadi akibat faktor genetik atau keturunan. Karakter gigi taring itu sendiri juga susah diprediksi, kita tidak akan pernah tahu kapan dan ke arah mana mereka tumbuh. 

Jika dilihat dari segi penampilan, pendapat mengenai gigi gingsul pasti akan tergantung pada selera masing-masing individu. Namun jika ingin mengikuti saran medis, gigi yang tidak tumbuh pada tempatnya sebaiknya ditangani. Karena jika dibiarkan, kondisi ini bisa memicu berbagai masalah seperti:

Menghambat pertumbuhan gigi atau bahkan membuatnya tidak tumbuh sama sekali, aktivitas makan terganggu dan muncul ketidaknyamanan saat mengunyah atau menggigit makanan, cedera gusi karena proses mengunyah, kerusakan gigi karena posisinya membuat sulit dibersihkan, gigi tidak berfungsi dengan baik, bahkan bicara cadel.

Penanganan gigi gingsul bisa dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan memakai behel atau kawat gigi. Prosedur pemasangan behel bertujuan untuk memperbaiki atau merapikan posisi gigi. Penggunaan behel ini bisa dilakukan dengan atau tanpa mencabut gigi terlebih dahulu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"