Gejala Usus Buntu, Waspada Penyakit yang Tak Disadari Serangannya

Gejala Usus Buntu, Waspada Penyakit yang Tak Disadari Serangannya

Usus buntu adalah penyakit yang kadang tidak disadari serangannya. Untuk itu kalian harus tahu gejala usus buntu sehingga bisa waspada dan mencegah penyakit ini.

Banyak orang menyangka bahwa usus buntu itu disebabkan karena sumbatan-sumbatan benda asing sisa makanan di usus kamu udah sering. Padahal kenyataannya tidak seperti itu. Gejala usus buntu jarang disadari oleh orang dan hanya dengan mencegah dan waspada saja yang bisa menangkal penyakit ini. 

Untuk mengetahui masalah ini kalian pertama-tama harus kenal dulu yang dimaksud dengan usus buntu. Usus buntu atau dalam bahasa kedokterannya disebut dengan apendisitis ini terletak kurang lebih 2,5 cm di bawah katup ileusekum. 

Sederhananya posisi organ ini kalau dari luar terletak di bagian perut sebelah kanan, tepat garis lurus antara pusat dan tulang panggul. Usus buntu ini sendiri adalah organ berbentuk kantong kecil dan tipis banget berukuran 5 hingga 10 cm yang terhubung pada usus besar.

Gejala Usus Buntu (liputan6.com)

Gejala paling umum dari usus buntu adalah sakit perut. Saat dokter mendiagnosis gejala usus buntu, biasanya mereka akan menekan pelan-pelan perut kanan bawah. Jika tekanan dilepaskan oleh dokter dan kamu merasa perih dan sakit banget di area itu, ada kemungkinan besar kamu mengalami radang usus buntu. Karena itu, jangan abaikan rasa sakit perut yang ada di sebelah kanan perut kamu ya.

Penyebab Usus Buntu

Masalah usus buntu atau yang seharunya disebut radang usus buntu ini disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama adalah sumbatan pada usus buntu. Usus buntu seseorang bisa tersumbat karena feses yang mengeras di pintu usus buntu. Sistem pencernaan yang tidak bekerja secara maksimal menyebabkan fases mengeras.

Penyebab kedua adalah kelenjar getah bening yang membengkak dalam dinding usus. Yang ini bisa sangat berbahaya. Karena pembengkakan ini sistem pencernaan kalian akan mengalami peradangan hingga infeksi. Dan paling parah akibat pembengkakan ini adalah pecahnya usus buntu.

Makanan sehat (bebeclub.co.id)

Untuk mengantisipasi penyebab yang pertama adalah dengan mengonsumsi banyak makanan yang mengandung serat. Serat ini akan memperlancar pencernaan sehingga menghindari feses mengeras. Kalian bisa mendapatkan serat dari makanan seperti sayuran, buah, susu, dan makanan sehat lainnya untuk kelancaran pencernaan kamu.

Sedangkan untuk terhindar dari pembengkakan getah bening dalam dinding usus hanya ada satu cara. Yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang bersih. Pasalnya fungsi getah bening adalah untuk menangkal serangan bakteri dan virus. Jika terlalu banyak bakteri dan virus yang masuk ke usus lewat saluran pencernaan maka getah bening kalian akan bekerja keras dan bisa mengakibatkan inflamasi.

Maka dari itu kawan-kawan, untuk mencegah penyebab usus buntu atur makanan kalian. Sebisa mungkin ketahui bagaimana makanan yang kalian konsumsi diolah. Apakah sudah dengan cara yang higienis atau sudah penuh serat. Tetap sehat ya gengs.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"