Gejala Demam Berdarah yang Harus Kamu Waspadai

Gejala Demam Berdarah yang Harus Kamu Waspadai

Demam berdarah, juga dikenal dengan nama Demam Berdarah Dengue (DBD), merupakan penyakit mudah menular yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus. Kedua nyamuk ini umumnya menginfeksi melalui gigitan pada pagi hingga menjelang petang. Apa saja gejala demam berdarah?

Gejala DBD seringkali identik dengan demam tinggi. Namun ternyata tidak hanya demam saja yang menjadi gejala khusus seseorang mengidap penyakit ini. Penularan terjadi ketika nyamuk menggigit dan menghisap darah seseorang yang sudah terinfeksi virus dengue. Ketika nyamuk tersebut menggigit orang lain, maka orang tersebut akan tertular virusnya.

Gejala Demam Berdarah (via Prodia)

Setelah penderita tertular virus, maka ia akan mengalami fase demam akut. Demam ini muncul dua hari sebelum hingga lima hari setelah panas tinggi. Nyamuk dapat menimbulkan infeksi selang 8-12 hari setelah ia menghisap darah penderita DBD pada fase demam akut. 

Pasca melewati periode tersebut, kelenjar ludah nyamuk sudah terinfeksi virus dengue dan virus tersebut bisa menular ketika nyamuk menggigit orang lain. Selepas masa inkubasinya dalam tubuh manusia, gejala sakit demam berdarah biasanya muncul dalam empat sampai enam hari.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"