Gejala COVID-19 yang Gak Biasa Bahkan Kamu Bisa Gak Sadar

Gejala COVID-19 yang Gak Biasa Bahkan Kamu Bisa Gak Sadar

Sejak bulan Desember tahun 2019, ketika COVID-19 pertama kali dilaporkan kita gak tahu banyak tentang virus. Tetapi para ahli telah melakukan banyak penelitian sejak itu, termasuk terus update berbagai gejala dan dampak corona.

Sementara gejala kuncinya adalah demam, batuk kering, sesak napas dan kelelahan. Karena semakin banyak orang terinfeksi, para ahli menjadi sadar akan gejala yang kurang umum yang harus diwaspadai oleh masyarakat.

Mari kita simak beberapa gejala COVID-19 yang tidak biasa yang harus kamu perhatikan:

1. Mual dan diare

Mual dan diare jadi gejala COVID-19 (medicalnewstoday.com)

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) baru-baru ini memperbarui daftar gejala COVID-19 dan sekarang termasuk mual dan diare.

Ini terjadi setelah beberapa penelitian menemukan hubungan antara infeksi COVID-19 dan timbulnya gejala-gejala ini. Salah satu penelitian tersebut, dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Stanford.

"Sepertiga dari pasien yang kami pelajari memiliki gejala gastrointestinal," kata Dr Alexander Podboy, rekan penulis penelitian, dalam sebuah pernyataan.

"Mungkin saja kita kehilangan sebagian besar pasien yang sakit dengan coronavirus karena strategi pengujian kami saat ini yang berfokus pada gejala pernapasan saja."

2. Kehilangan rasa dan bau

Sebuah studi yang diterbitkan di Wiley Online Library menemukan hubungan antara pasien COVID-19 dengan gejala mirip flu dan hilangnya rasa dan bau (disfungsi chemosensory).

"Pada individu rawat jalan dengan gejala seperti influenza, disfungsi chemosensory sangat terkait dengan infeksi COVID-19 dan harus dipertimbangkan ketika skrining gejala," penelitian menyimpulkan.

3. Gejala neurologis



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"