Gatal Karena Ulat Bulu? Begini Cara Mengatasinya!

Gatal Karena Ulat Bulu? Begini Cara Mengatasinya!

Memiliki aneka tanaman di rumah dapat membuat nuansa sejuk dan nyaman. Aneka hewan kecil dan lucu seperti kupu-kupu dan capung juga muncul. Namun, muncul pula hewan lain yang mengganggu, salah satunya ulat bulu.

Kehadiran ulat bulu ditakuti bukan hanya karena mengganggu tanaman. Ulat bulu juga membuat kulit yang menyentuhnya menjadi terasa gatal.  

Kadang, selain gatal, kulit juga bisa sampai mengalami kemerahan dan bentol. 

Nah, agar reaksi kulit tidak semakin parah, perlu dilakukan penanganan segera pada bagian tubuh yang terkena ulat bulu. 

Tentu saja, singkirkan dulu ulat bulu yang ada di kulit kita. Eits, jangan pakai tangan kosong, ya. Gunakan alat yang panjang sehingga kita tidak bersentuhan langsung saat membuang ulat bulu itu. 

Setelah ulat bulu itu pergi, lakukan lima langkah ini agar rasa gatal dapat teratasi. 

Ilustrasi Gatal Karena Ulat Bulu (KlikDokter)

1. Cuci Bagian Terdampak

Cuci bagian tubuh yang terkena ulat bulu dengan air mengalir yang bersih. Gunakan sabun agar racun dari ulat bulu dapat hilang dan tidak menyebar. Mencuci bagian yang terdampak juga dapat menghilangkan bulu halus milik ulat bulu yang tertinggal di kulit kita. 

2. Garam

Setelah mencucinya, usapkan garam pada bagian tubuh yang terkena ulat bulu selama lima menit, kemudian bilas kembali. Garam membantu membersihkan bulu halus yang masih tertinggal setelah dicuci menggunakan air dan sabun.  



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"