Gak Tahu Kapan Pandemi Berakhir? Cobain 5 Cara Ini untuk Mengurangi Stress Selama WFH dan di Rumah Aja

Gak Tahu Kapan Pandemi Berakhir? Cobain 5 Cara Ini untuk Mengurangi Stress Selama WFH dan di Rumah Aja

Pandemi COVID-19 memaksa kita semua untuk terus di rumah aja dan jaga jarak. Intinya, kalau gak perlu-perlu banget ya jangan keluar. Namun tentu di rumah aja secara terus menerus juga bikin stress dan kesehatan mental kita mungkin jadi agak terganggu.

Persoalan utamanya sih karena bosan. Selain itu, biasanya juga karena kebutuhan kita untuk berinteraksi dengan orang lain jadi sangat terbatas. 

Kejenuhan dan sulitnya berinteraksi antarmuka dengan orang lain tentu bisa bikin kita stress. Apalagi ditambah kerjaan yang sekarang harus selesai di rumah. 

Kalau sekarang kamu memang sedang di tahap stress berat karena terus-terusan di kerja di rumah, tanpa banyak berinteraksi dengan orang lain, coba deh beberapa tips ini. Siapa tahu stressmu berkurang atau malah hilang.

1. Telpon Teman

Kesepian dan gak memiliki interaksi sosial jadi salah satu pemicu stress lho. Jadi kalau memang kamu masih lajang dan hanya sendirian di tempat tinggalmu. Coba telpon teman atau keluarga deh.

Ngobrol dengan teman dan keluarga dekat pasti bikin semua masalah dan kegelisahanmu pergi. Sekarang kan teknologi sudah canggih. Jadi kamu bisa memanfaatkannya untuk bertemu sapa. Misalnya lewat video call.

2. Ubah Suasana di Sekitarmu

Karena terus-terusan di rumah bikin sepet mata. Coba ubah layout di rumah. Pindah posisi meja kursi, kasur, atau perabot yang lain.

Letakkan tanaman di sekitar meja kerjamu bisa bikin suasana kerja jadi lebih enak (primaberita.com)

Coba letakkan berbagai tanaman di sekitar ruang kerja di rumahmu agar bisa bikin segar suasana dan pandangan. Atau, suka ikan? Coba pasang akuarium di rumah deh!

Dijamin kamu akan lebih jarang sakit kepala karena stress.

 

3. Break Dulu dari Rutinitas

Mengambil break sejenak dari rutinitas dan pekerjaan adalah cara tercepat untuk menghilangkan stress. Kamu gak butuh banyak waktu atau melakukan banyak hal. Hanya ubah kebiasaan dan rutinitas aja untuk sehari. 

Kuncinya adalah mengalihkan fokus saja kok. Bisa dengan nonton film dulu di pagi hari. Atau main game, atau masak dan sarapan dulu. Mengubah rutinitas bisa bikin kamu fresh lagi sebelum mulai bekerja.

4. Bergerak

Bergerak juga salah satu cara jitu biar stressmu pergi. Jadi, bisa kamu lakukan gerakan-gerakan sederhana di sela-sela bekerja di rumah. Misal melakukan jogging di tempat, atau stretching, joget ala TikTok atau malah gerakan yoga basic.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"