Gak Selalu Karena Gairah Seksual, Ini Penyebab Mengapa Penis Berdiri di Pagi Hari

Gak Selalu Karena Gairah Seksual, Ini Penyebab Mengapa Penis Berdiri di Pagi Hari

Ereksi pagi hari, atau disebut nocturnal penile tumescence (NPT), terjadi ketika penis berdiri atau kamu bangun dalam keadaan ereksi. Ini adalah kejadian yang normal. Kebanyakan ereksi pagi cenderung berlangsung selama beberapa menit setelah bangun tidur, namun bisa bertahan lebih lama.

Gairah seksual bukanlah satu-satunya penyebab ereksi pagi. Ereksi ini sebagian besar berhubungan dengan bagian tertentu dari siklus tidur, perubahan kadar hormon, kandung kemih yang penuh, dan bahkan rangsangan fisik dari sprei juga dapat menyebabkan ereksi pagi. Berikut ini penyebab persisnya kenapa penis kerap ereksi di pagi hari:

1. Siklus Tidur

Ereksi pagi hari berhubungan dengan waktu tidur gerakan mata cepat (REM). Karena tidur REM mempengaruhi stimulator neurologis yang meningkatkan aliran darah ke penis, ereksi penis lebih mungkin terjadi selama bagian siklus tidur ini.

2. Kadar Hormon di Pagi Hari

Penyebab penis ereksi di pagi hari (verywellhealth.com)

Hormon seks testosteron memainkan peran sentral dalam fungsi seksual orang yang memiliki penis. Penelitian telah menunjukkan bahwa testosteron membantu memfasilitasi hampir setiap aspek ereksi, mulai dari aktivasi saraf yang merangsang otot polos penis hingga pembengkakan darah di bagian dalam penis yang kenyal.

3. Bahkan Sentuhan Halus Dapat Menyebabkan Ereksi

Sentuhan fisik pada penis dengan sendirinya dapat menyebabkan ereksi tanpa adanya rangsangan seksual. Penelitian telah menunjukkan bahwa rangsangan fisik mengirimkan sinyal sensorik langsung ke bagian bawah sumsum tulang belakang, yang berfungsi sebagai “pusat ereksi” tubuh.

4. Pengaruh Kandung Kemih Penuh

Orang yang tidak bangun untuk buang air kecil di malam hari akan mengalami kandung kemih penuh di pagi hari. Kandung kemih yang penuh dapat menekan saraf sakral, yaitu sekelompok lima saraf di punggung bawah.

Itu tadi penyebab penis kerap ereksi di pagi hari. Kondisi ini adalah hal yang biasa dan normal. Jika kamu tidak pernah mengalami ereksi ini, ereksinya berhenti, atau berlangsung beberapa jam, segera periksakan ke dokter ya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"