Fakta Mengenai Melanoma, Kanker Kulit yang Bisa Kamu Derita Karena Efek Buruk Sinar UV

Fakta Mengenai Melanoma, Kanker Kulit yang Bisa Kamu Derita Karena Efek Buruk Sinar UV

Melanoma adalah salah satu jenis kanker kulit. DTerlalu banyak berjemur di bawah sinar matahari dapat menyebabkan melanoma. Sekarang ini melanoma jadi kanker paling umum pada orang berusia 25 hingga 29 tahun.

Berikut ini fakta soal melanoma, biar kamu bisa jaga diri dan keluarga dari kanker ini.

Melanoma pada kulit (cancer.ie)

1. Melanoma dimulai di sel kulit yang disebut melanosit

Melanosit adalah sel kulit yang menghasilkan pigmen atau warna di kulit. Ketika sinar ultraviolet merusak sel-sel ini, mereka bisa mulai tumbuh gak terkendali.

Itulah yang dimaksud dengan kanker. Kerusakan ini biasanya berasal dari paparan sinar matahari yang intens atau dari penggunaan tanning bed. Melanoma biasanya dimulai sebagai bercak kulit coklat atau hitam baru atau perubahan tahi lalat yang kamu punya.

2. Resiko melanoma dari gen

Hampir 90% melanoma berasal dari paparan sinar ultraviolet. Tapi, gen juga bisa berperan. Kalau kamu punya kerabat dekat, orang tua atau saudara kandung yang pernah menderita melanoma, risiko kamu jadi meningkat sekitar 50%.

Sekitar 1 dari setiap 10 orang dengan melanoma memiliki riwayat keluarga. Orang yang memiliki kulit cerah, rambut pirang atau merah, dan mata biru juga menghadapi peningkatan risiko.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"