Diklaim Bisa Menangkal Virus Corona, Ini Dia Khasiat Tanaman Eucalyptus Untuk Kesehatan

Diklaim Bisa Menangkal Virus Corona, Ini Dia Khasiat Tanaman Eucalyptus Untuk Kesehatan

Belakangan lagi santer diberitakan bahwa tanaman eucalyptus bisa menangkal virus corona. Bahkan, tanaman ini juga ikut diuji dalam penelitian yang dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan). 

Menurut  Kepala Balai Pengelola Alih Teknologi Pertanian (BPATP), Ketut Gede Mudiarta, tanaman eucalyptus emang termasuk yang paling efektif menangkal virus corona karena punya kandungan senyawa aktif 1,8-cineole (eucalyptol).

Balitbangtan bikin beberapa prototipe eucalyptus dalam berbagai bentuk, termasuk inhaler, roll on, salep, balsem, dan diffuser. Kita tunggu hasil uji cobanya lebih lanjut ya! 

Memang tanaman eucalyptus sejak jaman dulu dikenal berkhasiat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Di dalamnya, banyak banget komponen yang bermanfaat untuk kesehatan, ini termasuk 1,8-cineole, a-pinene, ceramide, limonene, terpinen-4-ol, piperitone, alpha-terpineol, globulol, luteolin, dan proantosianidin. 

Yuk kita simak berbagai manfaat tanaman eucalyptus untuk kesehatan~ 

Meredakan gejala flu 

Eucalyptus  yang udah dijadiin minyak esensial bisa berguna untuk meredakan gejala flu dan masalah pernapasan. Kamu bisa langsung menghirup minyak esensial eucalyptus yang udah diencerkan. Bisa juga diteteskan ke diffuser dan uapnya dihirup perlahan. 

Minyak eucalyptus juga bisa diencerkan pakai carrier oil agar lebih ringan, jadinya bisa langsung dioles ke kulit. Buat meredakan flu, olesin di kening atau tenggorokan. 

Mengatasi batuk 

Batuk tuh bikin lelah dan nggak nyaman ya? Nah, kamu bisa lho mengatasi batuk dengan eucalyptus. Bahkan beberapa merk obat batuk juga ada kandungan eucalyptus-nya lho. Sebaiknya tetesin aja ke diffuser dan hirup uapnya~ 

Minyak eucalyptus (drweil.com)

Mengurangi stres

Menghirup aroma minyak eucalyptus bisa jadi salah satu cara ampuh untuk mengurangi ketegangan saat stres. Secara perlahan, tubuh jadi lebih rileks dan kamu jadi ngerasa lebih lega. Minyak eucalyptus juga bisa diteteskan ke air untuk mandi atau ditetesin ke diffuser. 

Mengatasi masalah pernapasan 

Ternyata minyak eucalyptus juga bisa bermanfaat untuk mengurangi masalah pernapasan sampai masalah paru-paru. Memang sih taaman ini tuh udah jadi semacam obat herbal yang ampuh untuk masalah pernapasan, terutama kondisi radang selaput lendir. Zat aktif dalam eucalyptus bisa menghilangkan dahak dan lendir yang berlebih. 

Kamu bisa memijat area dada dengan minyak eucalyptus yang dicampur pengencer, seperti virgin coconut oil, avovado oil, atau jojoba oil. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"