Dijual Dengan Harga Ratusan Juta, Apa Sih Khasiat Saffron Untuk Tubuh Kita?

Dijual Dengan Harga Ratusan Juta, Apa Sih Khasiat Saffron Untuk Tubuh Kita?

Saat ini, minum saffron udah jadi bagian dari gaya hidup sehat. Di Indonesia sendiri udah ada beberapa influencer yang sering membagikan pengalaman minum saffron. Sebelumnya, saffron ini biasa jadi bumbu masakan Timur Tengah semacam nasi briyani. Apa sih saffron?

Saffron adalah rempah-rempah berbentuk benang yang berasal dari bunga crocus sativus. Bunganya sendiri cuma bisa ditemuin di Timur Tengah dan beberapa negara Eropa. 

Proses menanam dan panennya terkenal rumit banget. Buat ngedapetin 1 gram benang saffron, dibutuhkan kurang lebih 150 bunga. Makanya harganya pun selangit,  bisa dijual sampai Rp50-200 jutaan per kilogram tergantung kualitas. 

Biasanya orang mengonsumsi saffron ini langsung aja dicampur dengan air putih. Caranya, siapin segelas air, tuang tiga helai saffron, diamkan sampai air berubah warna jadi kekuningan, dan bisa langsung diminum. Bisa juga dicampur ke makanan dan minuman lain~ 

Rempah mewah ini memang laku di pasaran karena khasiatnya pun nggak kaleng-kaleng lho. Berikut beberapa manfaatnya untuk kesehatan… 

(edenbrothers.co)

Mengurangi nafsu makan

Menurut penelitian, mengonsumsi saffron selama 8 minggu bisa mengalami penurunan nafsu makan. Akhirnya, berat badan pun ikutan turun lho. Beberapa orang merasa lebih cepat kenyang setelah mengonsumsi saffron. Jadinya nggak pengen makan lebih banyak setelahnya~

Membantu pengobatan depresi

Penelitian lain yang dilakuakan pada pasien depresi menyatakan bahwa rempah mewah ini bisa jadi tambahan dalam pengobatan. Saffron mengandung antioksidan seperti crocin, crocetin, safranal, dan kaempferol yang dipercaya bisa meredakan gejala-gejala depresi dan terhindar dari kerusakan sel-sel otak. 

(ebay.com)

Mencegah kanker

Kaempfrol merupakan senyawa antioksidan dalam saffron yang bisa menetralisir radikal bebas yang bahaya, bahkan bisa menyebabkan kanker. Senyawa dalam saffron ini terbukti ampuh ngebunuh sel-sel kanker usus besar atau bisa menekan pertumbuhannya.

Meredakan gejala PMS

Premenstrual Syndrome alias PMS adalah kondisi yang sering dialamin para cewek sebelum haid. Gejalanya termasuk fisik, emosi, dan psikologis. Nah, dengan mengonsumsi saffron, bisa membantu meringankan gejala PMS lho. Ini termasuk sakit kepala, mual, bad mood, dan rasa nyeri di beberapa bagian tubuh.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"