Diet Rendah Garam tapi Bisa Tetep Makanan Enak, Ini Rahasianya Kata Pakar Gizi

Diet Rendah Garam tapi Bisa Tetep Makanan Enak, Ini Rahasianya Kata Pakar Gizi

Membatasi asupan garam, gula dan lemak (GGL) merupakan salah satu cara sehat untuk mencegah penyakit degeneratif seperti diabetes, jantung, dan juga hipertensi. Oleh karena itu, Pakar Gizi, Khoirul Anwar, S.Gz, M.Si, mengatakan bahwa penting untuk memperhatikan anjuran dari Kementerian Kesehatan RI tentang pembatasan asupan gula, garam dan lemak (GGL).

Namun konsekuensi dari pembatasan asupan GGL ini akan mempengaruhi cita rasa makanan yang terasa kurang nikmat. Cita rasa yang kurang nikmat inilah yang membuat kita jadi kurang selera makan dan pada gilirannya bisa berdampak pada asupan nutrisi yang kurang maksimal.

Lantas, bagaimana menyiasatinya agar diet rendah garam bisa dijalankan dan cita rasa makanan yang nikmat tetap didapat? Begini penjelasannya:

"Sebenarnya, jika kita ingin makanan yang kita konsumsi memiliki cita rasa yang tinggi sekaligus ingin diet rendah garam, menggunakan Bumbu Umami secukupnya seperti MSG adalah solusinya," jelas Khoirul dalam webinar bertajuk "Be a Healthy Food Business Owner" yang digelar PT Ajinomoto Indonesia menggandeng RR Event Planner, beberapa waktu lalu.

Diet Rendah Garam tapi Bisa Tetep Makanan Enak (KlikDokter)

Umami sendiri merupakan salah satu kelompok rasa dasar yang bisa dirasakan manusia. Umami seringkali dideskripsikan sebagai rasa yang gurih, dalam, dan nikmat dengan sedikit rasa seperti daging.

Lebih lanjut Khoirul yang menjabat sebagai Kepala Program Studi Gizi Universitas Sahid Jakarta menuturkan, banyak penelitian di luar negeri seperti di Jepang menunjukkan bahwa penggunaan MSG secukupnya bisa menjadi strategi diet rendah garam. Ini dikarenakan, kata dia, kandungan natrium dalam MSG hanya sepertiga dari kandungan natrium pada garam dapur biasa.

"Jadi, bagi masyarakat termasuk para pengusaha di bidang kuliner, baiknya memang mengikuti juga anjuran pembatasan penggunaan gula, garam, lemak pada produk-produk dan kreasi menu makanannya. Kita bisa mengacu pada pedoman gizi seimbang dan menerapkannya," tutupnya.

Selain itu, MSG juga meningkatkan rasa lainnya yang sudah terkandung dalam makanan, khususnya rasa asin dan asam. Dengan menambahkan MSG, rasa bahan-bahan makanan yang terkandung dalam sebuah masakan akan jadi lebih kompleks dan intens. 

Seperti dilansir dari Taste Cooking, MSG akan meningkatkan rasa pada makanan serta membantu mengaktifkan sensor pengecap pada lidahmu sehingga kamu bisa merasakan makanan dengan lebih baik.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"