Cegukan Setelah Makan, Kok Bisa Sih? Ini Dia Penyebabnya ...

Cegukan Setelah Makan, Kok Bisa Sih? Ini Dia Penyebabnya ...

Cegukan keliatannya emang lucu ya. Tapi buat sebagian orang, cegukan setelah makan tuh gak asik tau. Tersiksa.

Cegukan umumnya menyerang siapa aja dalam rentang satu menit setelah makan. Serangan cegukan tuh menyiksa banget loh, apalagi kalo dalam waktu yang lama.

Lagi makan terus cegukan, gak asik banget gengs~ (rd.com)

Sebagian orang yang sedang mengalami cegukan setelah makan juga mungkin memilih meredakannya dengan minum air hangat. Ini bisa membantu sih, tapi kira-kira, apa sih yang menyebabkan kita cegukan?

Cegukan terjadi karena adanya sebuah kontraksi yang tak disengaja di dalam diafragma kita. Dalam dunia medis, situasi disebut sebagai 'kejang diafragma'.

Jadi, otot besar di pangkal paru-paru kita berkontraksi saat kita bernapas. Saat kontraksi ini terjadi, paru-paru akan membesar. Nah, udara di sekitarnya jadi tersedot ke dalamnya. Jadilah kita cegukan.

Apa sih penyebab cegukan? (healthline.com)

Cegukan umumnya juga disertai dengan suara. Nah, suara cegukan muncul karena pita suara kita tertutup. Persisnya ketika kita makan terlalu banyak. Apalagi kalo kamu makannya banyak dan dihabiskan dengan cepat.

Tenang, ini bisa dijelaskan juga kok.

Begini, saat kita makan berlebihan, perut kita akan mulai mengembang dan membuncit. Kondisi itu akan menekan lambung sampai ke diafragma. Dan dari situ, kontraksi akan terjadi dan dampaknya adalah ... cegukan.

Kontraksi diafragma juga bisa disebabkan karena makan terlalu cepat. Sebab, udara di luar tubuh kita juga ikut masuk ke dalam tubuh kita ketika kita makan terlalu cepat. 

Gak cuma itu, gengs. 

Cegukan ternyata juga bisa disebabkan karena makanan yang kita makan tuh masih panas. Bisa juga karena terlalu dingin atau malah terlalu pedas. Selain itu, makanan-makanan yang mengandung gas juga bisa bikin kita cegukan loh.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"