Cegah Komplikasi Penyakit dengan Menjaga Kesehatan Mulut Berikut Ini

Cegah Komplikasi Penyakit dengan Menjaga Kesehatan Mulut Berikut Ini

Ternyata banyak orang nggak memahami atau mengerti pengaruh kesehatan mulut terhadap kesehatan tubuh, lho. Ipsos bersama GSK Consumer Healthcare telah melakukan survei dan menemukan fakta bahwa hanya sebanyak 54 persen responden yang mengetahui tentang mulut yang sehat mampu mendukung kehamilan lebih sehat pula, yakni memiliki risiko komplikasi lebih rendah.

Selain itu, kesehatan gigi dan mulut juga meminimalkan risiko penyakit ketika terpapar Covid-19. Wow! Hal ini disampaikan oleh drg. Winidiastuti Anitasari, spesialis periodonsia di RSUD dr. Iskak Tulungagung.

Ia menjelaskan, "Beberapa studi penelitian menunjukkan seseorang yang kesehatan gigi dan mulutnya buruk memiliki risiko tinggi mengalami komplikasi bila terpapar Covid-19."

Cegah Komplikasi Penyakit dengan Menjaga Kesehatan Mulut (KlikDokter)

Ia juga menjelaskan bahwa bakteri dan penyakit dari dalam mulut maupun gigi mampu memicu berbagai penyakit lainnya, misalnya jantung, diabetes, hipertensi, bahkan pneumonia. 

Terlebih, kita mengetahui bahwa banyak orang Indonesia yang takut ke dokter gigi. Apalagi, ketika pandemi ini banyak yang lebih takut ke dokter gigi karena dinilai berisiko terpapar Covid-19. Nah, hal inilah yang memperparah risiko tersebut. 

Oleh karena itu, menurut drg. Winidiastuti Anitasari, melakukan kontrol pembersihan plak gigi itu sangat perlu, terutama pada situasi semacam ini. Ia juga mengimbau supaya masyarakat tetap melakukan pemeriksaan gigi secara rutin.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"