Cara Mengobati Gigi Berlubang yang Benar, Jangan Keliru Gengs!

Cara Mengobati Gigi Berlubang yang Benar, Jangan Keliru Gengs!

Gigi berlubang kerap bikin sakit? Mending segera obati aja pakai cara berikut.

Sakit gigi biasanya disebabin karena gigi berlubang. Sisa-sisa makanan yang terselip di gigi berlubang inilah yang akhirnya bikin nyeri dateng.

Kebanyakan orang sebenernya sadar akan risiko gigi berlubang atau karies gigi. Tetapi, masalah ini bisa lebih besar daripada yang kalian kira, nggak cuma bikin nyeri doang.

Biar nggak berkembang jadi penyakit serius. Ketahui beberapa cara mengobati gigi berlubang berikut ini.

1. Tambal Gigi

Penambalan gigi udah kerap dilakuin orang guna ngobatin gigi berlubang. Soalnya, cara ini emang ampuh deh. Kalo gigi kalian baru berlubang dikit, mending ditambal aja.

Tambalan gigi biasanya terbuat dari  bahan, seperti resin komposit, porselen atau amalgam. Untuk tambal gigi, kalian bisa konsultasi dulu ke dokter gigi atau puskesmas terdekat.

2. Cabut Gigi

Pencabutan Gigi (Michal Jarmoluk/Pixabay)

Ada kan gigi berlubang yang udah nggak bisa lagi dibenerin. Soalnya, lubangnya udah parah banget dan gigi hampir habis. 

Untuk masalah ini, biasanya dokter nyaranin untuk nyabut gigi aja. Jangan takut buat cabut gigi karena kalian akan dikasih bius jadi nggak bakal kerasa apa-apa saat pencabutan.

Kalo abis cabut gigi ada sela-sela gigi kadang dokter juga akan nyaranin untuk pakai kawat gigi. Kawat gigi atau behel ini nanti akan bikin gigi kalian jadi rapi lagi.

3. Rajin Gosok Gigi dan Ganti Sikat 

Sebaiknya, kalian pilih sikat gigi berukuran kecil atau sedang, jangan kebesaran. Pastikan bulut sikat bisa masuk ke celah-celah gigi geraham.

Selain itu, gantilah sikat secara teratur. Soalnya, sikat yang kelamaan dipake biasanya kurang efektif buat bersihin gigi. 

4. Kalo Sakit Gigi, Coba Kumur dengan Air Garam

Air Garam (teethfaq.com)

Saat gigi kerasa sakit, coba gunakan air garam sebagai pertolongan pertama. Cara ini udah sering dilakuin sebagai solusi sakit gigi.

Larutkan garam sedikit aja ke dalam satu gelas. Kemudian, kumur-kumurlah pake air itu. Garam akan bantu kalian ngeluarin kuman dalam gigi atau mulut.

Itulah beberapa cara mengobati gigi berlubang. Agar lubang di gigimu nggak tambah parah, yuk segera periksakan ke dokter gigi. Selain itu, teruslah bersihin gigi secara rutin sehabis makan dan sebelum tidur. Sadarlah akan kesehatan gigi kalian sebelum terlambat.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"