Cara Menghilangkan Lendir di Tenggorokan pada Bayi, Tips Buat MahMud Minim Pengalaman

Cara Menghilangkan Lendir di Tenggorokan pada Bayi, Tips Buat MahMud Minim Pengalaman

Bayi rewel akibat dahak mengental? Gak perlu panik. Terapkan aja cara menghilangkan lendir di tenggorokan pada bayi ini.

Buat Mamah Muda (MahMud), minimnya pengalaman seringkali bikin bingung menghadapi perkembangan bayi. Apalagi jika kalian jauh dari orang tua, bayi rewel pasti bakal bikin pusing kepala.

Sebenarnya, gak perlu terlalu panik kalo bayi rewel. Alasannya gak banyak. Kalo gak sakit, butuh asupan ASI, atau sedang ada perubahan pada fisik bayi.

Semua itu ada solusinya. Tanpa kamu perlu konsultasi kepada ahli. Dan kali ini, tim Paragram bakal mengajak MahMud buat membahas cara menghilangkan lendir di tenggorokan pada bayi. 

Ada beberapa cara yang bisa MahMud gunakan. Di antara bisa menggunakan alat-alat kesehatan, bantuan ahli seperti dokter atau juga menggunakan cara alami.

Bayi rewel (sahabatnestle.co.id)

Nah, biar lebih lengkap dan banyak pilihan, berikut tim Paragram rangkumkan dari berbagai sumber mengenai cara mengeluarkan dahak pada bayi. Cekidot, ya.

Dihangatkan badannya

Akibat dahak yang mengental di saluran pernafasan, bayi biasanya jadi rewel. Untuk mengatasinya, ada cara sederhana, hangatkan badannya. Nantinya, hawa panas yang dihasilkan tubuh bisa mengencerkan dahak yang mengental.

Untuk itu, coba deh bayinya dipakaikan baju hangat. Selain itu, MahMud juga bisa menambah minyak telon untuk membantu proses penghangatan badan.

Jemur di bawah matahari

Bagi bayi, saluran pernafasan yang gak lancar akibat dahak bisa berdampak berbahaya. Dan cara kedua menghilangkan lendir di tenggorokan yang bisa kamu coba adalah dengan menjemur di bawah sinar matahari.

Menghangatkan badan bayi (tstatic.net)

Biar hasilnya lebih efektif, jemur bayi pada pukul 08.00-09.00. Sinar matahari pada jam ini bisa bermanfaat banyak bagi bayi. Selain menghilangkan dahak, juga bisa memberi tambahan vitamin D.

Menggunakan alat penyedot dahak bayi

Jika cara biasa dinilai gagal untuk menghilangkannya, MahMud bisa mencoba menggunakan alat peyedot dahak bayi, lho. Kamu bisa membelinya di berbagai apotik terdekat. Harganya pun murah.

Cara penggunaannya gampang juga, kok. Pertama-tama, letakkan ujung alat penyedot ke rongga mulut bayi. Kalo dahaknya terlalu kental, gunakan tetesan larutan air garam sebanyak 2-3 tetes. Atau juga bisa menggunakan larutan salin yang siap pakai. Teteskan larutan tersebut ke dalam hidungnya.

(prenagen.com)

Setelah itu, pegang ujung lain dari alat penyedot menggunakan jari tengah dan jari telunjuk. Sebelumnya, kempiskan terlebih dahulu ujung berbentok balon. Lalu, masukkan alat ini secara perlahan dan lepaskan pegangan MahMud di bagian balon.

Kalo balon gak kembali mengembang, biasanya sih akibat tersumbat lendir atau dahak yang terlalu kental. Nah, kalo lendir sudah terhisap, jangan lupa buang dan bersihkan, ya.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"