Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Alami, Gampang Banget! Kamu Harus Coba

Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Alami, Gampang Banget! Kamu Harus Coba

Memiliki gigi putih saja tak cukup membuat kesehatan mulut terjamin lho gengs. Bisa saja ada karang gigi yang terbentuk saat kita makan dan tak bisa hilang hanya dengan cara kita menyikat gigi saja.

Saat makan, bakteri akan memecah kandungan karbohidrat dari sisa makanan dengan air liur untuk membentuk plak. Menyikat gigi secara rutin serta menggunakan benang gigi atau sikat interdental akan mencegah plak mengeras menjadi karang gigi.

Karang gigi bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti bau mulut, gigi berlubang, dan penyakit gusi. Bahkan beberapa penelitian menyebutkan adanya kaitan penyakit gusi dengan pneumonia, demensia, dan penyakit jantung.

Karang gigi sejatinya hanya bisa dibersihkan dengan tindakan scaling di dokter gigi. Namun, dilansir dari Medical News Today pada (31/1/2019) lalu, ada beberapa cara menghilangkan karang gigi secara alami yang bisa  dilakukan di rumah.

Sikat Gigi dengan Baking Soda

Sikat Gigi dengan Baking Soda (Kitakini News)

Menyikat gigi dengan tambahan baking soda atau soda kue adalah salah satu cara aman untuk menghilangkan plak. Soda kue mampu menghilangkan plak tanpa merusak enamel gigi.

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan di Science Direct tahun 2017 silam, pasta gigi yang mengandung soda kue lebih efektif untuk menghilangkan plak dibandingkan pasta gigi tanpa soda kue. Selain itu, soda kue juga melindungi gigi dari demineralisasi, yaitu proses kimia yang melepaskan partikel kalsium dari enamel gigi.

Soda kue memiliki pH tinggi yang bisa menetralkan kondisi asam pada mulut yang bisa menyebabkan demineralisasi pada gigi. Kondisi asam pada mulut bisa terjadi setelah makan akibat adanya karbohidrat dalam rongga mulut.

Soda kue juga memiliki efek antimikroba yang bisa mencegah gigi berlubang. Sebuah studi menunjukkan bahwa soda kue bisa menurunkan jumlah bakteri Streptococcus mutans yang merupakan bakteri penyebab gigi berlubang.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah salah satu cara alami untuk menghilangkan bakteri di dalam mulut. Minyak kelapa memiliki khasiat sebagai antiinflamasi dan antioksidan. Selain itu, minyak kelapa juga mengandung asam laurat yaitu asam lemak yang memiliki fungsi antimikroba.

Sebuah studi yang dipublikasikan di NCBI tahun 2015 menunjukkan penurunan plak sebesar 50% setelah menggunakan minyak kelapa. Partisipan penelitian juga melaporkan berkurangnya radang gusi secara signifikan, sebagai hasil dari berkurangnya plak.

Untuk menghilangkan plak menggunakan minyak kelapa, kamu hanya perlu memasukkan satu sendok makan minyak kelapa ke dalam mulut. Lalu ratakan minyak kelapa ke semua permukaan di dalam mulut selama 5-10 menit. Lalu buang dan berkumur. Jika tidak punya minyak kelapa, kamu juga bisa menggunakan minyak zaitun atau minyak almond.

Membersihkan Gigi Secara Teratur



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"