Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Bahan Alami

Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Bahan Alami

Memar atau bekas luka sebaiknya segera dirawat agar tidak membekas di kulit. Berikut ini adalah cara menghilangkan bekas luka dengan bahan-bahan alami.

Memar atau bekas luka biasanya terjadi karena trauma atau cedera pada kulit yang menyebabkan pembuluh darah pecah. Memar biasanya hilang dengan sendirinya, tetapi ada kalanya membekas cukup lama. Untuk mengurangi rasa sakit dan visibilitas memar, di bawah ini terdapat cara menghilangkan bekas luka dengan bahan alami.

1. Terapi es batu

1. Terapi es batu Menghilangkan bekas luka (reddyice.com)

Setelah mendapat cedera, segera oleskan es batu untuk mengurangi aliran darah di sekitar area. Mendinginkan pembuluh darah dapat mengurangi jumlah darah yang bocor ke jaringan di sekitarnya. Ini dapat mencegah memar terlihat dan mengurangi pembengkakan.

Kalian dapat menggunakan kompres es yang dapat digunakan kembali, sekantong es, atau sekantong sayuran beku yang dibungkus kain atau handuk. Olseskan es ke area memar selama 10 menit sekaligus. Tunggu 20 menit sebelum mengaplikasikan kembali.

2. Panas

2. Panas Menghilangkan bekas luka (klikdokter.com)

Kebalikan dari es, kalian juga bisa menggunakan panas untuk meningkatkan sirkulasi dan aliran darah. Hal ini akan membantu membersihkan darah yang terperangkap setelah memar terbentuk. Menerapkan panas juga dapat membantu melonggarkan otot tegang dan menghilangkan rasa sakit. Kalian dapat menggunakan bantal pemanas atau botol air panas. Berendam di pemandian air panas juga bisa dilakukan.

3. Kompresi

3. Kompresi Menghilangkan bekas luka (hellosehat.com)

Bungkus area yang memar dengan perban elastis. Hal ini akan memeras jaringan dan membantu mencegah pembuluh darah bocor. Menggunakan kompresi dapat mengurangi keparahan memar dan membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

4. Ketinggian

4. Ketinggian Menghilangkan bekas luka (healthline.com)

Tinggikan area yang memar sehingga berada di atas jantung. Ini membantu menghilangkan rasa sakit dan mengeluarkan cairan dari area yang memar. Ketinggian juga dapat mengurangi tekanan dan kompresi. Kalian akan mendapat kesempatan sempurna untuk beristirahat dan bersantai, yang juga dapat membantu proses penyembuhan.

5. Lidah buaya

5. Lidah buaya Menghilangkan bekas luka (marketeers.com)

Aloe vera dipercaya dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan. Kalian dapat menerapkannya secara menyeluruh ke area yang terkena memar. Pastikan menggunakan gel yang murni lidah buaya. Baca label dengan cermat untuk memeriksa efek samping.

6. Vitamin C

6. Vitamin C Menghilangkan bekas luka (madhippie.com)

Vitamin C memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat digunakan untuk meningkatkan penyembuhan luka. Kalian dapat menemukannya dalam bentuk gel, krim, atau serum. Kalian juga bisa mengkonsumsinya sebagai suplemen atau makan banyak buah dan sayuran segar juga.

7. Nanas

7. Nanas Menghilangkan bekas luka (organicfacts.net)

Bromelain adalah campuran enzim yang ditemukan dalam nanas. Bromelain dapat membantu mengurangi keparahan memar dan mengurangi sumber inflamasi. Kalian bisa makan nanas atau mengonsumsi suplemen bromelain. Kalian juga bisa mengoleskannya sebagai krim.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"