Cara mengatasi ngorok yang ampuh dan mudah bisa kamu lakukan dengan beberapa hal ini. Kamu juga bisa sampaikan pada pasanganmu yang suka banget ngorok.

Cara mengatasi ngorok sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah, apalagi kalo kamu tau apa penyebab ngorok yang kamu alami. 

Memang, hampir semua orang akan mendengkur sesekali saat tidur. Namun, kalo mendengkur justru membuat kualitas tidurmu, pasangan atau keluarga menjadi tidak baik. Kamu harus segera menyadari dan melakukan beberapa penanganan.

Untuk mengetahui solusi dari mendengkur, ada baiknya kita kenali dulu penyebab dari ngorok saat tidur. Dengan mengetahui penyebabnya, maka kamu akan tau bagaimana cara mengatasi ngorok yang tepat.

  • Kelebihan berat badan
  • Mengonsumsi rokok, alkohol atau obat-obatan
  • Posisi tidur
  • Faktor usia
  • Jenis kelamin
  • Faktor keturunan
  • Masalah pada hidung
  • Masalah sinusitis

Nah, setelah mengetahui beberapa penyebabnya. Ada beberapa cara mengatasi ngorok yang ampuh dan mudah:

1. Menurunkan berat badan

1. Menurunkan berat badan Menurunkan berat badan untuk mencegah ngorok (hellosehat.com)

Orang yang memiliki berat badan yang berlebih, akan mempunyai lingkar leher yang besar. Hal ini akan menyebabkan risiko meningkatnya lemak yang menekan pada tenggorokan, dan akan membuatmu mengorok. 

Menurunkan berat badan adalah solusi bagi mendengkur, saat dengkuranmu ternyata disebabkan oleh berat badan.

2. Ubahlah posisi tidurmu

2. Ubahlah posisi tidurmu Posisi tidur (brilio.net)

Posisi miring saat tidur akan mencegah lidah jatuh ke belakang, serta akan menghalangi tenggorokan saat kamu tidur. Kamu bisa meletakkan bantal di punggung agar mencegah posisi telentang di saat tidur.

3. Berhentilah merokok

3. Berhentilah merokok Berhenti merokok (merdeka.com)

Rokok bisa menyebabkan peradangan dan hidung tersumbat. Hal tersebut menjadi penyebab timbulnya suara ngorok saat tidur. Maka cara yang ampuh ketika kamu ingin tak mendengkur adalah, dengan berhenti mengonsumsi rokok.

4. Berolahraga

Cara mengatasi ngorok selanjutnya adalah dengan berolahraga secara rutin. Selain bisa membantumu mengurangi berat badan, dengan berolahraga kamu akan menggerakkan kaki, leher, lengan dan anggota tubuh lain. Kamu akan menjadi lebih rileks setelah berolahraga, hal ini bisa mengurangi dengkuran saat tidur.

5. Berhentilah mengonsumsi alkohol

Mengonsumsi alkohol akan melemaskan otot-otot saluran udara yang bahkan bisa lebih dari normal, akan membuat jatuhnya jalan napasmu dan akan membuatmu lebih sering mendengkur saat tidur. Cara mengatasi ngorok akibat alkohol adalah, dengan membatasi konsumsi alkohol.

Demikianlah beberapa cara mengatasi ngorok yang bisa kamu lakukan. Jika ngorokmu tak bisa disembuhkan dengan cara-cara tersebut, kamu bisa langsung konsultasikan kepada dokter. Dokter akan memberimu penanganan medis, dan membantumu menghilangkan kebiasaan ngorok yang semakin parah.

Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna



Facebook Conversations