Cara Mengatasi Kulit Kering Cepat dan Ampuh

Cara Mengatasi Kulit Kering Cepat dan Ampuh

Perawatan merupakan salah satu langkah penting untuk mendapatkan kulit wajah yang halus dan kencang. Kulit wajah sehat berseri emang dambaan banget. Tapi kulit bisa kehilangan cairan akibat kondisi tertentu, bikin kulit tampak kering.

Makanya perawatan kulit wajah itu perlu, untuk mengurangi risiko mengalami kulit kering. Apalagi, seiring bertambahnya usia, risiko untuk mengalami kulit kering juga lebih besar. Tanda bahwa kulit mengalami kekeringan bisa berupa permukaan kulit wajah yang terasa kasar, mengelupas, pecah-pecah dan terasa gatal.

Ngalamin semua itu? Simak cara mengatasi kulit kering berikut ya gengs? Dilansir dari Prevention.com, berikut cara cepat menyembuhkan kulit kering dan bersisik.

1. Gunakan pembersih yang lembut, lebih bagus jika tanpa detergent

Pembersih wajah yang lembut (today.com)

"Jika kulit sangat kering, saya sarankan menggunakan pembersih yang lembut dan menghidrasi," kata Dr. Katta. "Ada juga pembersih bebas sabun yang membersihkan tanpa mengeringkan kulit."

Bahan-bahan seperti asam hialuronat, gliserin, dan seramida akan menawarkan dosis hidrasi ekstra saat membersihkan wajah. Cara mengatasi kulit kering yang ampuh.

2. Gunakan pelembap dengan teratur

Semakin kering gunakan pelembab yang berbentuk krim daripada lotion ringan. Hindari produk yang mengandung alkohol. Karena akan lebih parah membuat kulit kering.

3. Eksfoliasi

Scrub untuk wajah halus (amad.ps)

Berfungsi untuk membantu mengelupaskan sel-sel kulit mati yang bikin kulit bersisik dan kasar. Lakukan pengelupasan kulit hanya dua hingga tiga kali per minggu, dan selalu gunakan pelembap.

4. Gunakan asam salisilat jika perlu

Kalau kamu mengalami dermatitis seboroik, komedo, atau jerawat, direkomendasikan menggunakan pembersih yang lebih kuat yang mengandung asam salisilat. Pembersih jenis ini bekerja dengan lembut untuk memecah sel-sel kulit dan membuka pori-pori.

5. Gunakan obat jerawat secukupnya

Penghilang jerawat seperti benzoil peroksida, asam salisilat, dan produk retinoid dapat menjadi sangat efektif dalam mengobati jerawat. Zat tersebut ternyata juga ada efek sampingnya. Bahan tersebut bisa menghilangkan lapisan minyak dan menyebabkan kulit kering.

6. Gak usah mandi lama-lama (drench.co.uk)

Mandi dengan air dingin lebih baik (pintower.com)

Mandi air panas yang dalam waktu lama akan membuat kulit lebih kering.cAir yang sangat panas merusak kulit dan menyebabkan pengelupasan. Cara mengatasi kulit kering saat mandi, gunakan suhu suam-suam kuku dengan durasi tidak lebih dari 10 hingga 15 menit.

7. Tidak terlalu dekat dengan AC

Ini merupakan salah satu penyebab utama yang dapat menghilangkan kelembapan kulit. Selain itu, pendingin udara juga dapat memiliki pengaruh yang sama terhadap kulit. Karena itu, jangan lupa untuk menggunakan pelembap kulit.

8. Hindari paparan sinar matahari

Lindungi kulit dari sinar matahari (foxbrim.com)

Gak usah malu pakai payung kalau cuaca panas banget. Sinar matahari juga merupakan salah satu penyebab kulit kering. Minimalkan efeknya dengan menggunakan tabir surya ya gengs. Terutama wajah dan kulit yang tidak tertutup baju.

Gitu deh cara mengatasi kulit kering buat kamu gengs.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"