Cara Mengatasi Jerawat Batu dengan Resep Mudah Alami

Cara Mengatasi Jerawat Batu dengan Resep Mudah Alami

Cara mengatasi jerawat batu dengan bahan alami. beberapa resep yang bisa kamu coba.

Jerawat batu itu sakit dan susah ditutupin pake make up. Bikin gak pede banget deh mau keluar rumah. Jadi bete kan ya? Susah pula ilangnya.

Sebelum belajar cara mengatasi jerawat batu secara alami, kamu perlu tahu juga kenapa kulit bisa jerawatan.

Jerawat adalah kondisi kulit yang terjadi saat folikel rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Jerawat paling sering terjadi pada remaja dan dewasa muda. Gejalanya berkisar dari komedo yang tidak berinflamasi, penuh nanah atau benjolan besar berwarna merah dan benjolan lunak.

Wajah berjerawat bikin gak PD (popsugar.com)

Buat kamu yang punya kulit berminyak pakailah produk skincare yang khusus untuk kulit berminyak. Karena udah tahu jerawat karena penyumbatan folikel rambut, jangan malas membersihkan kulit wajah ya.

Salah satu yang bandel adalah jerawat batu yang menyebabkan wajah menjadi kemerahan disertai dengan benjolan lunak tapi penuh nanah. Jerawat ini menimbulkan rasa sakit atau gatal. Ternyata juga gak cuma di wajah aja. Jerawat batu bisa muncul di dada, punggung, lengan atas, dan bahu. 

Gitu ceritanya gengs, sekarang praktek deh bikin resep alami. Simak cara mengatasi jerawat batu yang dikutip dari merdeka.com berikut.

1. Menggunakan kentang

Kupas 1 buah kentang, lalu potong tipis.

Tempelkan potongan tipis tersebut pada area wajah yang terdapat jerawat batu.

Diamkan selama 10 menit, lalu cuci muka dengan air dingin.

2. Kunyit, jeruk nipis dan madu

Jeruk nipis bagus buat kamu yang punya kulit wajah berminyak. Bisa membantu mengontrol minyak berlebih.

Haluskan kunyit secukupnya, lalu tambahkan jeruk nipis dan 2 sdm madu.

Campurkan hingga merata dan berbentuk pasta, gunakan pasta ini sebagai masker wajah.

Diamkan dulu selama 10 menit, lalu cuci muka Anda dengan air bersih.

3. Putih telur

Putih telur efektif untuk mengatasi jerawat (advancedsciencenews.com)

Putih telur mengandung enzim lusozim yang mampu menghancurkan dinding sel dari bakteri penyebab jerawat. Juga mengecilkan pori-pori kulit, serta mengurangi kelebihan minyak pada wajah. Bisa jadi salah satu cara mengatasi jerawat batu.

Siapkan telur, pisahkan kuningnya, ambil bagian putih telurnya saja.

kocok putih telur hingga mengembang, lalu oleskan pada bagian yang berjerawat.

Biarkan selama 10 menit, lalu cuci muka Anda dengan air hangat.

4. Lidah Buaya

Tanaman Lidah buaya mengandung antioksidan, mineral, vitamin C dan E. Selain bermanfaat untuk perawatan rambut, ternyata juga bisa untuk menghilangkan jerawat batu dengan cepat :

Ambil daun lidah buaya, belah bagian tengahnya, lalu ambil gelnya.

Haluskan gel lidah tersebut, lalu gunakan sebagai masker wajah.

Diamkan sampai mengering, lalu cuci muka Anda dengan air bersih.

5. Kulit Jeruk

Kulit jeruk mengandung vitamin C dan asam alpha hidroksi yang mampu membersihkan pori-pori yang tersumbat dan mengangkat sel-sel kulit mati.

Jemur dulu kulit jeruk sampai benar-benar kering.

Tumbuk haluskan kulit jeruk yang kering tersebut.

Tambahkan air secukupnya, lalu campur sampai berbentuk pasta.

Oleskan pasta tersebut pada area yang mengalami jerawat.

Diamkan beberapa saat sampai mengering.

Cuci muka Anda dengan air hangat.

6. bawang putih

Ternyata bawang putih bisa meredakan jerawat (medicalnewstoday.com)

Bawang putih mengandung antioksidan yang tinggi, juga sebagai anti-bakteri, bermanfaat untuk menghilangkan jerawat.

Cara 1 :

Siapkan 3 siung bawang putih.

Kupas kulitnya, lalu tumbuk halus

Letakkan tumbukan halus tersebut pada area wajah yang mengalami jerawat atau peradangan.

Diamkan selama 10 menit, lalu cuci muka Anda dengan air bersih.

Cara 2 :

Ambil 2-4 siung bawang putih, kupas kulitnya.

Blender bawang putih tersebut dan tambahkan sedikit air.

Aplikasikan pasta tersebut tipis-tipis pada area wajah yang berjerawat.

Diamkanselama 10-20 menit, lalu cuci muka Anda dengan air bersih.

7. Jeruk nipis

Bisa sekalian buat minuman ini gengs. Apalagi di saat cuaca panas. Es jeruk nipis seger banget.

Ambil 3 buah jeruk nipis.

Belah masing-masing jeruk menjadi 2 bagian.

Tempelkan pada wajah Anda yang berjerawat.

Biarkan sampai mengering selama 15 menit.

Cuci muka menggunakan air hangat.

8. Tomat

Masker tomat hemat (medicalnewstoday.com)

Cara cepat menghilangkan jerawat batu menggunakan tomat :

Belah buah tomat menjadi 2 bagian, potong cukup tipis.

Oleskan potongan tomat pada seluruh area wajah Anda.

Biarkan selama 20 menit, sampai mengering.

Cuci muka Anda dengan air bersih.

Gampangkan cara mengatasi jerawat batu di atas? Biar gak jerawatan ini tips buat mencegah jerawat muncul.

1. Jangan Begadang

Kurang tidur dapat membuat wajah jerawatan, lho. Karena bisa meningkatkan produksi hormon androgen yang bisa memicu timbulnya jerawat. Ditambah lagi, kurang tidur dapat melemahkan sistem imun. Kamu jadi lebih rentan kena jerawat.

2. Gunakan Produk yang Mengandung Retinoid

Agar jerawat cepat hilang, pilihlah krim atau gel jerawat yang mengandung retinoid. Retinoid adalah turunan dari vitamin A yang memiliki sifat anti-aging dan mampu membersihkan pori-pori yang tersumbat. Ini dikarenakan cara kerja retinoid yang dapat mempercepat pembaruan sel-sel kulit.

3. Gunakan Produk yang Mengandung Salicylic Acid

Sama seperti retinoid, salicylic acid juga efektif untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat. Jenis Beta Hydroxy Acid (BHA) ini mampu menembus lapisan kulit terluar sehingga dapat mengobati jerawat batu. 

4. Rajin membersihkan wajah

Ketika keluar rumah apalagi seharian banyak kotoran yang menempel di wajah. Jangan malas membersihkan wajah sebelum tidur. Terutama buat kamu yang emang kulitnya mudah jerawatan. Tangan juga gak boleh sering pegang wajah gengs, karena sebenarnya tangan kita itu kotor. Bersihkan tangan sebelum menyentuh wajah.

Semoga cara mengatasi jerawat batu tersebut bermanfaat buat kamu.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"