Cara Mengatasi Hidung Mampet Tanpa Ribet

Cara Mengatasi Hidung Mampet Tanpa Ribet

Cuaca dingin bikin kamu mudah terkena flu dan hidung tersumbat. Apalagi kalau kamu tipe yang gak tahan dingin dan alergi dingin. Jadi repot mau keluar rumah, bahkan meski tetap berada di dalam rumah kamu bisa mengalami hidung tersumbat.

Buat kamu para gengs, simak tips berikut ini biar hidung tersumbatmu kembali lega.

Hidung tersumbat bikin gak nyaman (therockspa.com)

1. Minum Banyak Air Putih

Dikutip dari cosmopolitan.co.id, saat terserang flu, kamu perlu tetap menjaga tubuhmu selalu terhidrasi. Caranya mudah aja kok, cukup minum air putih lebih rutin dari biasanya. Konsumsi air putih dapat membuat lendir di hidungmu menjadi lebih cair. Kamu jadi lebih lega bernafas gengs. Mudah kan cara mengatasi hidung mampet satu ini?

2. Mandi dengan Air Hangat

Mandi air hangat (medicalnewstoday.com)

Cara mengatasi hidung mampet yang mudah lagi itu mandi. Mandi dengan air hangat bikin tubuhmu lebih rileks sekaligus membantu sistem pernapasanmu lebih baik. Uap air hangat membantu meredakan peradangan dan membuatmu lebih mudah dalam bernapas.

3. Tidur dengan Posisi Bantal Lebih Tinggi

Hidung tersumbat bikin kamu sulit bernafas dan sulit tidur. Bisa kamu akali dengan posisi tidur yang tepat. Atur posisi bantal lebih tinggi dari biasanya. Trik ini bermanfaat untuk mencegah lendir berkumpul di area hidungmu yang berdampak pada hidung tersumbat. Bisa tidur nyenyak deh.

4. Gunakan Saline Nasal Spray

Cara mengatasi hidung mampet selanjutnya pakai saline nasal spray. Cairan ini didesain untuk mengatasi masalah hidung tersumbat yang menganggu. Ia pun dapat membantu meredakan masalah sinus yang ada. Coba aja kalau hidung tersumbatmu sangat menggangu.

5. Konsumsi Vitamin

Vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh (health.harvard.edu)

Vitamin bikin badan kamu lebih tangguh melawan bakteri dan virus. Untuk itu cara mengatasi hidung mampet saat flu adalah dengan memperbaiki sistem daya tahan tubuh. Kamu bisa mengonsumsi Vitamin C, Vitamin D, serta Vitamin B6 untuk membuat tubuhmu lebih sehat.

6. Pilih Makanan yang Tepat

Cara mengatasi hidung mampet lainnya yang menyenangkan adalah makan. Tapi tidak sembarang makanan ya gengs. Pilih makanan yang mengandung banyak cairan dan hangat seperti bubur ataupun sup ayam hangat. Tak hanya itu kamu juga bisa memilih bahan makanan yang baik bagi tubuh dan kaya vitamin seperti brokoli, yogurt, oatmeal, salmon, juga dark chocolate.

7. Beri pijatan di hidung dan pipi

Berikan pijatan lembut di area sinus. Memijat bisa meningkatkan sirkulasi dan membantu meringankan rasa nyeri akibat lendir yang tertahan di dalamnya. Lakukan pijatan dengan jari telunjuk, lalu pijat bagian tepi hidung selama 30 detik. Ulangi beberapa kali sampai bagian yang dipijat terasa lebih baik dan lendir mudah dikeluarkan.

8. Berikan kompres hangat pada hidung

Kompres hidung dengan air hangat (miexpresscare.com)

Cobalah untuk menaruh kompres hangat pada bagian dahi dan hidung. Kompres hangat merupakan cara yang baik untuk mengurangi sakit kepala dan nyeri pada sinus.

9. Hirup uap rebusan herbal

Cara selanjutnya adalah menghirup uap panas dari rebusan herbal yang memiliki aroma khas, seperti thyme dan mint. Thyme itu sendiri bersifat antibakteri, sedangkan min merupakan dekongestan alami yang dapat melegakan saluran pernapasan—kombinasi keduanya ampuh untuk mengatasi hidung tersumbat.

Kalau susah cari thyme kamu bisa pakai tetes minyak kayu putih ke dalam air mendidih.

10. Konsumsi sup hangat

Makan sup hangat kesukaanmu (awwcutenation.com)

Cara mengatasi hidung mampet satu ini pasti kamu suka. Makan sup hangat di rumah. Saat menyantap sup hangat, umumnya posisi kepala cenderung condong ke depan agar dekat dengan mangkuk sup. Nah, banyak peneliti yang percaya bahwa ini bisa membuat lendir mudah keluar.

Udah banyak kan gengs cara mengatasi hidung mampet yang efektif? Semoga kamu lekas sembuh ya.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"