Cara Mengatasi Hidung Mampet: Cocok Saat Suhu Udara Sedang Dingin Seperti Sekarang~

Cara Mengatasi Hidung Mampet: Cocok Saat Suhu Udara Sedang Dingin Seperti Sekarang~

Begini cara mengatasi hidung mampet saat di musim yang dingin ini~

Belakangan ini Indonesia sedang dilanda hawa dingin, bahkan ya sampai di dieng, Jawa Tengah sampai rumputnya pun menjadi es.

Dan itu artinya? Kita bisa rawan terkena pilek maupun mampet, lah gimana kalau sudah terlanjur? Tenang... Atasi dengan cara mengatasi hidung mampet dong gengs.

pilek (radarpekalongan.co.id)

Cara mengatasi hidung mampet

Masalah hidung mampet karena pilek bukanlah sesuatu yang bisa kita anggap remeh lho gengs. Nah, daripada bingung, kita kepoin yuk penangkalnya di bawah ini.

Bawang putih

Bumbu dapur yang satu ini emang kerap jadi bahan serba guna gengs, dan bawang putih ternyata khasiatnya bisa digunakan sebagai obat hidung mampet.

Berdasarkan sebuah studi di Inggris menunjukkan bahwa partisipan yang diberikan suplemen bawang putih selama 12 minggu berturut-turut selama musim flu lebih jarang mengalami flu daripada partisipan yang tidak mengonsumsi suplemen bawang putih. Nah, mantap jiwa kan?

Semprotan saline

Kamu bisa memanfaatkan dekongestan topikal (oxymetazoline) atau sering semprotan saline sebagai cara mengatasi hidung mampet gengs.

Larutan saline akan mengencerkan lendir dan mengurangi hidung tersumbat. Biar efeknya bikin lega hidung pakai oxymatazpline ya~

Minyak kayu putih (Liputan6.com)

Minyak kayu putih

Minyak kayu putih selain bisa kita manfaatkan sebagai penghangat badan ternyata bisa dimanfaatkan juga untuk menangani idung yang mampetr gaes.

Caranya, cukup kamu condongkan wajah sampai berada di atas mangkuk berisi air panas yang sudah ditambahkan dengan beberapa tetes minyak kayu putih. Gantungkan handuk di atas kepala sampai menutupi mangkuk, hirup uap selama kurang lebih 10 menit.

Minum banyak air

Banyak-banyaklah kamu konsumsi air putih gaes, soalnya itu merupakan salahsatu cara mengatasi hidung mampet gengs.

Hidung yang mampet nantinya akan cair apabila kita banyak meminum air, dan sangat disarankan air putih ya gengs biar sehat.

Minum hangat (boldsky.com)

Minum hangat

Saat cuaca sedang adem-ademnya, boleh juga tuh kamu minumin air anget, seperti teh hangat, niscahya mampetkamu bakalan reda.

Kenapa? Soalnya cairan flu di hidung akan cair apabila tubuh kita terasa hangat, jadi? Hangatkan dirimu dengan segelas air anget ya~

Jadi itulah beberapa cara mengatasi hidung mampet yang efektif dikala cuaca sedang tak bersahabat gengs. Jadi kalau kamu pilek gunain deh cara-cara di atas.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"