Cara Mengatasi Biduran Di Rumah Tanpa Harus Ke Dokter

Cara Mengatasi Biduran Di Rumah Tanpa Harus Ke Dokter

Biduran disebut juga dnegan urtikaria. Merupakan reaksi kulit karena alergi yang menyebaba terbentuknya bilur atau ruam. Biasanya berwara putih atau kemerahan. Rasanya gatal hingga menyengat.

Bilur atau ruam ini muncul pada bagian tubuh tertentu atau bisa juga menyebar di seluruh tubuh. Ukurannya bisa berbeda-beda pada setap penderita biduran.

Ketika kamu kena biduran bisa juga diikuti dengan pembengkakan di beberapa bagian tubuh Misalya mata, bibir, dan alat kelamin.

Cara Mengatasi Biduran

Cara Mengatasi Biduran Cara mengatasi biduran (myhealth.gov.my)

Gejala munculnya bilur pada kulit disebabkan karena tingginya kadar histamin yang dilepaskan ke kulit. Histamin menyebabkan pembuluh darah melebar. Kulit jadi terlihat bengkak dan memerah karena tingginya aliran darah.

Gejala biduran ini bisa berlangsung berjam-jam dan berhari-hari. Bisa juga bertahan hingga 6 mingu atau bersifat kambuhan selama beberapa bulan. Kalau jangka panjang disebut dengan biduran kronis.

Biduran kronis bisa pertanda adanya penyakit lain. Misalnya karena penyakit tiroid, diabetes tipe 1 atau lupus.

Cara mengatas biduran sendiri bisa tanpa obat. Biduran ini bisa hilang sendiri dalam hitungan jam atau hari. Namun cara mengatasi biduran dengan obat disarankan jika gejalanya sudah sangat mengganggu dan menyakitkan.

Cara mengatasi biduran tanpa ke dokter (medicalnewstoday.com)

Cara mengatasi biduran di rumah adalah menjauhi faktor pemcunya. Kenali faktor apa yang bisa bikin kamu gatal-gatal. Misalnya makanan tertentu atau stress.

Cara mengaatasi biduran selanjutnya adalah dengan melakukan kompres dingin pada area yang muncul ruam. Lakukan selama 10 hingga 15 menit.

Selain minum obat cara mengatasi biduran selanjutnya adalah mandi dengan larutan yang bisa meringankan gatal-gatal. Misalnya pakai soda kue. Paka peralatan mandi yang tidak menyebabkan kulit iritasi dan kering.

Cara mengatasi biduran dengan obat adalah dengan mengkonsumsi antihistamin untuk mengatasi rasa gatal.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"