Cara Irit Minyak Goreng Tanpa Jelantah, Lakukan Hal Ini Agar Tubuh Tetap Sehat!

Cara Irit Minyak Goreng Tanpa Jelantah, Lakukan Hal Ini Agar Tubuh Tetap Sehat!

Sejumlah wilayah di Indonesia kini tengah mengalami kelangkaan minyak goreng. Bahkan nggak sedikit masyarakat yang rela antre hingga berebut demi mendapatkan minyak goreng.

 

Seperti yang telah kita ketahui, orang Indonesia biasanya mengolah berbagai macam hidangan dengan cara digoreng. Oleh karenanya, di tengah kelangkaan minyak goreng, banyak orang-orang yang merasa kebingungan dan melakukan berbagai cara demi mendapatkannya.

Makanan yang diolah dengan cara digoreng memang dikenal renyah dan menghasilkan cita rasa nikmat tersendiri. Namun perlu diingat, bahwa mengonsumsi gorengan secara rutin dapat berakibat buruk bagi kesehatan seseorang, terlebih mereka yang memiliki riwayat penyakit tertentu, lho.

Dibandingkan boros menggunakan minyak goreng dan melakukan pembelian berlebihan, sebenarnya ada cara yang bisa dicoba di tengah kelangkaan ini, Gengs.

Berikut cara yang bisa dilakukan agar irit minyak goreng tanpa harus pakai jelantah:

1. Goreng Makanan Jangan Terlalu Lama

Menggoreng makanan terlalu lama tidak hanya membuat makanan menjadi gosong, tapi juga dapat menghilangkan kandungan gizi di dalam makanan itu sendiri.

Makanan yang berwarana cenderung gelap atau gosong memiliki kandungan acrylamide yang tinggi. Acrylamide inilah yang menjadi penyebab kanker jika dikonsumsi terlalu banyak.

Jika makanan yang dimasak sudah gosong, umumnya seseorang akan mengganti dan memasak ulang sebagai pengganti makanan yang telah gosong tadi dengan minyak baru sehingga membuat konsumsi minyak goreng meningkat.

Cara Irit Minyak Goreng, Biar Tubuh Tetap Sehat (CekList.ID)

2. Rutin Menyaring Minyak Setelah Digunakan untuk Menggoreng

Jika menggoreng dalam jumlah banyak, usahakan untuk sering-sering menyaring minyak goreng agar bisa digunakan untuk menggoreng jenis makanan lainnya.

Misalnya saat menggoreng ayam goreng tepung, bila minyak bekas menggoreng tidak disaring maka tepung akan menempel di wajan yang membuat minyak berubah warna.

Minyak yang tidak disaring dan langsung digunakan kembali untuk memasak makanan selanjutnya akan mempengaruhi cita rasa makanan setelahnya.

3. Usahakan Jangan Sampai Berasap Ketika Memanaskan Minyak Goreng

Umumnya saat mengolah suatu bahan makanan dianjurkan untuk menunggu hingga minyak benar-benar panas agar kematangannya merata. Namun yang perlu kamu perhatikan adalah jangan memanaskan minyak goreng hingga mengeluarkan asap. Sebab, minyak yang terlalu panas sudah teroksidasi.

Alih alih membuat makanan sehat dengan kandungan baik dalam minyak, kita malah tidak mendapat manfaat apa-apa karena minyak telah kehilangan vitamin di dalamnya.

Kalau sudah begitu, membuang minyak yang terlalu panas dan memakai minyak goreng baru menjadi pemborosan disaat harga minyak sedang tinggi-tingginya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"