Bukan Cuma Karena Covid-19, Ini 4 Hal Lain yang Bisa Buat Hidung Tidak Bisa Mencium Bau

Bukan Cuma Karena Covid-19, Ini 4 Hal Lain yang Bisa Buat Hidung Tidak Bisa Mencium Bau

Anosmia atau yang lebih dikenal dengan hilangnya indera penciuman merupakan kondisi dimana hidung tidak bisa mencium bau. Dilansir dari WebMD, anosmia bisa berlangsung sementara atau permanen, lalu gejalanya juga dapat berlangsung cepat atau lambat. Kondisi ini sebaiknya tidak dibiarkan begitu saja, karena selain untuk mencium bau enak, indera penciuman juga diperlukan untuk menandakan bahaya seperti kebocoran gas, makanan busuk, atau kebakaran. Bukan cuma karena Covid-19, ada beberapa penyebab lain hidung tidak bisa mencium bau, diantaranya adalah:

1. Masalah Sinus dan Hidung

https://www.freepik.com/

Pada umumnya, penyebab hidung tidak bisa mencium bau untuk sementara waktu adalah selesma atau flu biasa. Saat sinus membengkak atau tersumbat dengan lendir, hal ini menyebabkan reseptor bau di jaringan hidung terblokir. Itulah sebabnya hidung tidak bisa mencium bau untuk sementara.

2. Cedera Kepala

Cedera kepala, seperti gegar otak hingga operasi otak juga bisa menjadi salah satu penyebab anosmia. Hal ini, dikarenakan hidung memiliki reseptor yang bertugas mengirim informasi melalui saraf ke otak. Jika saraf penciuman putus, tersumbat atau rusak, maka penciuman pun akan hilang. Hilangnya kemampuan untuk mencium bau ini bisa berlangsung permanen atau sementara tergantung tingkat keparahan cedera.

3. Efek Penuaan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"