Bolehkah Ibu Hamil Makan Pedas? Berikut Ini Penjelasan Ahli!

Bolehkah Ibu Hamil Makan Pedas? Berikut Ini Penjelasan Ahli!

Saat kamu mengetahui sedang hamil, kamu mungkin mulai bertanya-tanya perubahan apa yang perlu kamu lakukan pada pola makanmu. Apalagi kalau kamu suka memasak dengan banyak cabai, kamu mungkin mulai mempertanyakan bolehkah ibu hamil makan pedas? Apakah makanan pedas aman untuk kandungan?

Kabar baiknya, makan makanan pedas tidak akan membahayakan ibu hamil atau bayimu. 'Tidak ada bahaya yang melekat pada makanan pedas dalam kesehatan ibu atau kesehatan dan perkembangan bayi,' jelas Jennifer Hanes MS, RDN, LD, ahli gizi terdaftar dan ahli diet berlisensi yang berbasis di Texas.

Meski begitu, tubuhmu mungkin bereaksi berbeda terhadap makanan pedas selama kehamilan. Pada awal kehamilan, mual di pagi hari dapat membuat makanan ini tidak enak, dan di kemudian hari, dapat menyebabkan mulas atau gangguan pencernaan.

Baca juga: Makanan Pedas Tidak Baik untuk Kesehatan Mitos atau Fakta?

# Mengkonsumsi Makanan Pedas Selama Kehamilan

Ibu hamil sedang makan (nakita.grid.id)

Makan makanan pedas selama kehamilan aman, tetapi dapat menyebabkan ketidaknyamanan kehamilan. "Makan makanan pedas saat hamil sepenuhnya merupakan keputusan ibu hamil," catat Hanes. Jika kamu rutin mengonsumsi makanan pedas, mengonsumsinya saat hamil mungkin akan membuatmu tidak nyaman, tetapi masih memungkinkan.

Makanan pedas memiliki beberapa manfaat selama kehamilan. Mereka telah terbukti mengurangi kolesterol dan paparan awal terhadap rasa pedas sejak awal kehamilan dapat mendorong anak-anak untuk mencoba lebih banyak variasi makanan ketika mereka lebih besar.

Meskipun makanan pedas tidak berbahaya bagimu atau bayi yang sedang berkembang, kamu mungkin tidak menginginkannya saat hamil, bahkan jika kamu biasanya menyukai rempah-rempah. Di awal kehamilan, mual dan keengganan makanan mungkin tidak membuatmu ingin makan sesuatu yang pedas. Nantinya, makanan pedas bisa memperparah mulas dan gangguan pencernaan.

Setiap kehamilan berbeda. Pastikan untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan tentang keadaanmu jika kamu memiliki pertanyaan tentang makan makanan pedas saat hamil.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"