Bisakah Virus Corona Dapat Menular Lewat Barang Belanjaan?

Bisakah Virus Corona Dapat Menular Lewat Barang Belanjaan?

Seperti yang kita tahu, virus corona atau Covid-19 dapat menyebar lewat droplet atau partikel cairan kecil ketika seseorang batuk, bersin atau berbicara. Ya, karena virus corona menyebar lewat droplet sehingga kamu harus menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain dan menggunakan masker untuk mencegahnya.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), virus corona juga dapat menyebar di lingkungan dalam ruangan yang berventilasi buruk dan atau ramai, di mana orang cenderung menghabiskan waktu lebih lama. Hal ini karena aerosol tetap melayang di udara.

Lantas, bagaimana jika kamu pergi berbelanja ke supermarket atau pasar? Apakah barang belanjaan kamu dapat membawa virus corona dan menularkannya? Mengingat supermarket dan pasar adalah tempat yang ramai dan terkadang ventilasinya juga buruk.

Bisakah Virus Corona Dapat Menular Lewat Barang Belanjaan (KlikDokter)

Yuk simak penjelasan soal penularan virus corona lewat barang belanjaan berikut:

Dilansir dari Mayo Clinic, Jumat (23/7/2021) ada kemungkinan virus corona dapat menempel pada barang belanjaan seperti buah dan sayuran. Namun, apakah ini bisa membuat seseorang tertular virus corona jika mengonsumsinya?

Menurut WHO, virus corona tidak dapat berkembang biak dalam makanan, virus ini membutuhkan hewan hidup atau inang manusia untuk berkembang biak dan bertahan hidup, gengs.

Maka dari itu, jangan pernah lupa untuk selalu menjaga kebersihan saat menyiapkan makanan untuk keluarga. Seperti mencuci semua buah dan sayuran dengan bersih menggunakan air mengalir sebelum memakannya, dan tidak perlu menggunakan sabun.

Kemudian, jangan lupa untuk membersihkan ayam, daging, atau ikan dengan cermat. Bila perlu, kamu bisa membersihkan kulitnya menggunakan sikat yang bersih. Lalu, kamu harus memasak makanan dengan matang, setidaknya hingga 70 derajat celsius.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"