Biasa Dijadikan Lalapan, Berikut 5 Manfaat Kesehatan dari Makan Timun

Biasa Dijadikan Lalapan, Berikut 5 Manfaat Kesehatan dari Makan Timun

Mentimun adalah buah bergizi dengan kandungan air yang tinggi. Makan mentimun dapat membantu menurunkan gula darah, mencegah sembelit, dan mendukung penurunan berat badan. Untuk memaksimalkan manfaat kesehatan mentimun, kamu juga perlu makan kulitnya.

Meskipun biasanya dianggap sayuran, mentimun sebenarnya adalah buah. Tingginya nutrisi yang bermanfaat, serta senyawa tanaman dan antioksidan tertentu dalam timun dapat membantu mengobati dan bahkan mencegah beberapa kondisi.

Selain itu, mentimun rendah kalori dan mengandung banyak air dan serat larut, menjadikannya ideal untuk meningkatkan hidrasi dan membantu penurunan berat badan. Berikut ini 7 manfaat kesehatan utama dari makan mentimun.

Acar timun wortel (merdeka.com)

1. Mengandung Antioksidan

Antioksidan adalah molekul yang memblokir oksidasi, reaksi kimia yang membentuk atom yang sangat reaktif dengan elektron tidak berpasangan yang dikenal sebagai radikal bebas. Akumulasi radikal bebas berbahaya ini dapat menyebabkan beberapa jenis penyakit kronis.

Faktanya, stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas telah dikaitkan dengan kanker dan penyakit jantung, paru-paru, dan autoimun. Buah dan sayuran, termasuk mentimun, sangat kaya akan antioksidan bermanfaat yang dapat mengurangi risiko kondisi tersebut.

2. Kandungan Nutrisi yang Tinggi

Ketimun rendah kalori tetapi tinggi banyak vitamin dan mineral penting. Satu ketimun mentah seberat 11 ons (300 gram) yang belum dikupas mengandung yang berikut:

Kalori: 45

Jumlah lemak: 0 gram

Karbohidrat: 11 gram

Protein: 2 gram

Serat: 2 gram

Vitamin C: 14% dari RDI

Vitamin K: 62% dari RDI

Magnesium: 10% dari RDI

Kalium: 13% dari RDI

Mangan: 12% dari RDI



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"