Bermasalah Dengan Bau Mulut Selama Puasa? 5 Cara Ini Bisa Bikin Napasmu Segar Seharian~

Bermasalah Dengan Bau Mulut Selama Puasa? 5 Cara Ini Bisa Bikin Napasmu Segar Seharian~

Selama berpuasa, pasti banyak banget deh yang mengeluhkan bau mulut. Nggak usah khawatir karena sebenarnya kondisi itu wajar terjadi. Soalnya, pas puasa tuh produksi air liur berkurang karena seharian nggak ada asupan cairan kemudian menyebabkan rongga mulut jadi kering dan menimbukan bau nggak sedap.

Penyebab lain juga bisa karena masalah kesehatan gigi, makanan, dan masalah pencernaan. Meski sebenarnya normal-normal aja, tapi beberapa orang mungkin ngerasa nggak nyaman ya? Takutnya pas harus ngobrol sama orang lain, eh mulut kamu baunya nggak enak. Bisa bikin risih dan malu juga, kan? 

Untuk mengatasinya sebenarnya gampang aja kok. Jadi selama berpuasa, kamu jangan lewatkan lima hal berikut ini ya demi napas segar sepanjang hari~ 

Mengatasi bau mulut (quickanddirtytips.com)

Cukup minum air 

Salah satu cara paling gampang buat menyegarkan napas seharian adalah cukup minum air! Ya, meskipun kamu puasa, asupan air harus tetap dijaga lho. Manfaatin waktu buka puasa semalaman sampai sahur untuk minum 8 gelas air putih. 

Ketika tubuhmu mendapatkan asupan air yang cukup, produksi air liur bisa meningkat. Ketika rongga mulut nggak kering, ini juga bisa meminimalisir bau, gengs!

Mengatasi bau mulut (interdent.com)

Makan buah dan sayur

Cara lain yang bisa kamu terapkan saat buka puasa dan sahur adalah selalu makan buah plus sayuran. Kedua tipe makanan ini bisa mengurangi risiko bau mulut lho, terutama kalau dikonsumsinya masih segar ya! Kamu bisa makan sayur rebus, salad, buah potong atau jus biar nggak terlalu banyak proses memasak. 

Minum susu dan yoghurt 

Ternyata susu dan yoghurt juga ampuh lho buat bikin napas kamu segar seharian walau sedang puasa. Kandungan lactobacillus dalam yoghurt bisa menghilangkan bakteri jahat dan bikin multu jadi nggak bau. Kalau susu, ada senyawa allyl sulfida metil atau AMS yang bisa melawan bakteri dan ngilangin bau mulut. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"