Berjuta Manfaat Minyak Lavender untuk Kesehatan, Gak Nyangka!

Berjuta Manfaat Minyak Lavender untuk Kesehatan, Gak Nyangka!

Minyak esensial lavender adalah salah satu minyak esensial paling populer dan serbaguna yang digunakan dalam aromaterapi. Disuling dari tanaman Lavandula angustifolia, minyak ini berguna tak hanya untuk relaksasi tapi juga diyakini dapat mengobati kecemasan, infeksi jamur, alergi, depresi, insomnia, eksim, mual, dan kram menstruasi.

Dalam praktik minyak esensial, lavender adalah minyak multiguna. Dikatakan memiliki sifat anti-inflamasi, antijamur, antidepresan, antiseptik, antibakteri dan antimikroba, serta antispasmodik, analgesik, detoksifikasi, hipotensi, dan efek sedatif. 

Kebun lavender (travel.kompas.com)

# Manfaat Kesehatan Minyak Lavender

Minyak esensial lavender dan khasiatnya telah banyak dipelajari. Berikut hasil penelitiannya:

1. Mengatasi Kekhawatiran

Beberapa penelitian telah menguji efek pengurangan kecemasan lavender pada populasi tertentu. Sebagai contoh, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Physiology & Behavior pada tahun 2005 berfokus pada 200 orang yang menunggu perawatan gigi dan menemukan bahwa menghirup aroma lavender dapat mengurangi kecemasan dan memperbaiki suasana hati.

2. Mengatasi Insomnia

Sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam Journal of Complementary and Alternative Medicine menemukan terapi minyak esensial lavender membantu mahasiswa tidur malam lebih baik. Studi terhadap 79 siswa dengan masalah tidur yang tersebut juga menunjukkan bahwa menghirup lavender pada waktu tidur meningkatkan energi dan semangat siang hari.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"