Berikut Tips Mengukur dan Mengontrol Ukuran Porsi Makan Agar Tidak Overeating

Berikut Tips Mengukur dan Mengontrol Ukuran Porsi Makan Agar Tidak Overeating

Obesitas adalah penyakit yang semakin berkembang, karena semakin banyak orang yang berjuang untuk mengendalikan berat badan mereka.

Peningkatan ukuran porsi diperkirakan menjadi alasan mengapa seseorang makan secara berlebihan dan penambahan berat badan yang tidak diinginkan.

Seseorang cenderung memakan hampir semua makanan yang mereka sajikan sendiri. Oleh karena itu, mengontrol jumlah porsi dapat mebantu mencegah mengonsumsi berlebihan.

Berikut ini tips-tips untuk mengukur dan mengontrol jumlah porsi baik di rumah maupun saat bepergian

1. Gunakan Peralatan Makan yang Lebih Kecil

Alat makan yang lebih kecil dapat membantu kita mengontrol makan (popmama.com)

Beberapa studi menunjukkan bahwa ukuran piring, sendok, dan gelas secara tidak sadar dapat memengaruhi seberapa banyak makanan yang dimakan seseorang. Misalnya, menggunakan piring besar dapat membuat makanan tampak lebih kecil sehingga sering kali menyebabkan makan secara berlebihan.

Oleh karena itu, mengganti piring, mangkuk, atau sendok yang biasa kamu gunakan dengan piring lain yang lebih kecil dapat mengurangi dan mencegah makan berlebihan. Kebanyakan orang merasa kenyang setelah makan dari piring kecil sama seperti dari piring besar. 

2. Gunakan Piring sebagai Panduan Porsi

Jika mengukur atau menimbang makanan tidak begitu menarik buat kamu, coba gunakan piring atau mangkuk kamu sebagai panduan mengontrol porsi. Karena sayuran dan salad secara alami rendah kalori tetapi tinggi serat dan nutrisi lainnya, mengonsumsi makanan ini dapat membantu kamu menghindari makan makanan padat kalori secara berlebihan.

3. Minta Setengah Porsi saat Makan di Luar



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"