Berikut Penyebab Infeksi Saluran Kencing pada Pria dan Cara Mencegahnya

Berikut Penyebab Infeksi Saluran Kencing pada Pria dan Cara Mencegahnya

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah infeksi di bagian mana pun dari sistem saluran kemih. Sistem kemih meliputi ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Sebagian besar infeksi melibatkan saluran kemih bagian bawah - kandung kemih dan uretra. Ada beberapa penyebab infeksi saluran kencing pada pria, pembahasannya bisa kalian baca di artikel ini.

 

Meski begitu, wanita lebih berisiko terkena ISK daripada pria. Jika infeksi terbatas pada kandung kemih, itu bisa menyakitkan dan mengganggu. Tetapi masalah kesehatan yang serius dapat terjadi jika ISK menyebar ke ginjal.

# Penyebab Infeksi Saluran Kencing pada Pria

# Penyebab Infeksi Saluran Kencing pada Pria Anatomi saluran kemih pria (medkes.com)


 

ISK biasanya terjadi ketika bakteri memasuki saluran kemih melalui uretra dan mulai menyebar di kandung kemih. Sistem kemih dirancang untuk mencegah bakteri. Tapi pertahanan terkadang gagal. Ketika itu terjadi, bakteri dapat bertahan dan tumbuh menjadi infeksi besar-besaran di saluran kemih.

 

Berikut ini beberapa penyebab infeksi saluran kencing pada pria:

1. Penyebab paling umum dari ISK di uretra adalah penyakit menular seksual. Klamidia dan gonore adalah dua PMS yang dapat menyebabkan ISK. PMS juga merupakan penyebab paling umum dari ISK pada pria yang lebih muda.

2. Diabetes dan masalah medis lainnya yang memengaruhi sistem kekebalan juga dapat membuat Anda lebih mungkin terkena ISK.

3. Masalah prostat juga dapat menyebabkan ISK. Pembesaran prostat (BPH) sering terjadi pada pria yang lebih tua dan dapat menghalangi aliran urin. Ini dapat meningkatkan kemungkinan bakteri menumpuk dan menyebabkan ISK.

 

Prostatitis, yang merupakan infeksi prostat, memiliki banyak gejala yang sama dengan ISK.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"