Berbagai Macam Manfaat Daun Sirih Cina untuk Kesehatan

Berbagai Macam Manfaat Daun Sirih Cina untuk Kesehatan

Manfaat daun sirih cina  dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Bahkan tumbuhan yang kerap dianggap gulma ini mampu meringankan gejala penyakit mulai dari yang ringan hingga berat.

Daun sirih cina tumbuh secara liar di pinggiran saluran air dan tembok, sehingga banyak orang yang langsung mencabutnya lantaran dianggap merusak pemandangan. Meskipun sering dianggap gulma, akan tetapi daun sirih cina mengandung mineral yang baik untuk tubuh.

Mengutip e-journal 'Aktivitas Antioksidan Tumbuhan Suruhan', tanaman ini sering dimanfaatkan masyarakat Sulawesi Utara untuk menurunkan kolesterol. Seperti diketahui, daun sirih cina mengandung alkaloid, kalsium oksalat, lemak, minyak atsiri, saponin, tanin, dan polifenol. Daun sirih cina ini juga diduga mempunyai efek farmakologis antiradang, kemoterapi, anti jamur, dan analgesik.

Lantas apa saja manfaat daun sirih cina untuk kesehatan? Dikutip dari Health Benefits Times, berikut manfaat daun sirih cina untuk kesehatan.

Patah Tulang

Manfaat Daun Sirih Cina (via Merdeka)

Seiring berjalannya waktu, pengeroposan tulang bisa menyebabkan osteopenia, begitu juga osteoporosis yaitu kondisi saat tulang jadi lemah dan mudah patah atau fraktur. Fraktur dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Patah tulang merupakan kondisi yang terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses penyembuhannya. Berdasarkan penelitian, ramuan dari ekstrak daun sirih cina dapat membantu mempercepat penyembuhan patah tulang.

Anti Jamur



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"