Berbagai Dampak Positif dan Negatif Media Sosial Bagi Otak

Berbagai Dampak Positif dan Negatif Media Sosial Bagi Otak

Di era digital seperti sekarang ini, media sosial sudah menjadi suatu kebutuhan yang tidak terelakkan lagi. Media sosial menjadi salah satu cara untuk menghubungkan yang jauh menjadi dekat, bahkan menjadi ladang bisnis yang menjanjikan. Namun, yang pasti adalah media sosial ternyata memberikan pengaruh yang signifikan pada otak, baik itu dampak positif maupun negatif. Beberapa penjelasan berikut ini, akan membantu kamu mengetahui seperti apa pengaruh media sosial terhadap otak.

1. Meningkatkan memori

https://www.freepik.com/

Sebagian besar media sosial memungkinkan kamu untuk mengunggah foto atau momen yang sebenarnya akan meningkatkan ingatan tentang peristiwa tertentu. Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Memory, membuktikan bahwa momen yang diunggah secara online, jauh lebih mungkin untuk diingat daripada yang tidak diunggah secara online.

2. Mengganggu kemampuanmu untuk berpikir secara mandiri

Dalam ilmu psikologi, dikatakan bahwa manusia cenderung akan menyesuaikan diri dengan kelompoknya sehingga mereka dapat diterima dan disukai. Nah, media sosial memudahkan sekelompok orang yang terhubung satu sama lain untuk berbagi ide dan keyakinan yang sama. Tak jarang, dalam beberapa kasus hal ini malah menyebabkan munculnya pengambilan keputusan yang berlebihan atau tidak rasional.

3. Mengaktifkan pusat penghargaan di otak

Salah satu hal yang membuat seseorang ketagihan bermain media sosial adalah aktifnya pusat penghargaan di otak. Hal ini disebabkan, karena seseorang dapat mencapai suatu kepuasan tertentu dengan melihat unggahannya disukai orang lain di media sosial.

4. Merusak kesehatan mental



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"