Berapa Lama Manusia Bisa Bertahan Hidup Tanpa Makan dan Minum? Begini Penjelasan Para Ahli

Berapa Lama Manusia Bisa Bertahan Hidup Tanpa Makan dan Minum? Begini Penjelasan Para Ahli

Serius nih gengs, berapa lama manusia bisa bertahan hidup tanpa makan dan minum? Pertanyaan ini bisa diajukan oleh siapa saja, apalagi dalam situasi yang amat genting.

Misalnya orang yang terdampar di suatu tempat. Mungkin juga korban bencana alam yang harus bertahan hidup sekuat mungkin. 

Situasi ini membuat banyak orang bertanya-tanya, seberapa lama manusia bisa bertahan hidup tanpa makan dan minum? Perdana Samekto, seorang ahli gizi Universitas Gadjah Mada, memberikan penjelasannya. 

(survivalkit.com)

Menurutnya, manusia punya batas waktu tertentu untuk bisa bertahan hidup tanpa makan dan minum.

"Manusia bisa bertahan tanpa makan hingga tiga minggu. Tanpa minum, manusia hanya bisa bertahan selama 4-7 hari, tergantung situasi, seperti temperatur," kata Perdana.

Ahli gizi ini menambahkan, ketika suhu dingin, manusia bisa bertahan lebih lama karena jumlah air yang dikeluarkan lebih sedikit. Namun dalam kondisi panas atau cuaca terik beda lagi.

Sementara seorang dokter medis di New York, Alan D Lieberson, menjelaskan hal serupa. Menurutnya, ketahanan seseorang tanpa makan dan minum dipengaruhi banyak faktor.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"